MENGENAL GAOKAO (高考) UJIAN SELEKSI UNIVERSITAS TERSULIT DI DUNIA

高考前夕,昆明市第一中学的学生们为高三年级学生举行高考“壮行仪式”。

Sumber: 中国高考前曝光三起丑闻 考场外的弊案和漏洞是怎么发生的- BBC News 中文

Mungkin beberapa dari kita sudah mengenal istilah Gaokao (高考 Gāokǎo), namun bagi yang masih asing dengan istilah ini, Gaokao merupakan ujian masuk perguruan tinggi di negara Tiongkok. Faktanya, ujian ini sangat ditakuti oleh para pelajar di negeri tirai bambu tersebut. Kok bisa?

Ujian Gaokao adalah sistem pendidikan di negara tirai bambu – Tiongkok, sejak tahun 1950-an, walaupun pada saat itu sempat terdapat jeda masa Revolusi Budaya. Stereotipe ujian ini bagi masyarakat Tiongkok adalah jika seseorang lulus dari ujian Gaokao, maka itu dapat menjadi sebuah tiket untuk menuju kesuksesan dan kenaikan kelas sosial bagi mereka yang khususnya bukan dari kalangan atas.

Ujian ini dilaksanakan dua hari dan berlangsung selama sembilan jam. Selain itu, seluruh siswa di Tiongkok hanya memiliki satu kesempatan untuk mengikuti Gaokao. Bahkan, ujian ini juga dijaga dengan sangat ketat oleh polisi, CCTV, dan pendeteksi logam. Para peserta ujian tidak diperbolehkan menggunakan handphone, jam tangan, dan alat digital logam lainnya agar tidak dapat melakukan kecurangan apapun selama ujian berlangsung. Dan juga, soal-soal ujian yang dikirim ke setiap sekolah diberi GPS agar dapat dilacak dan untuk memastikan agar tidak terjadi kebocoran soal ujian.

Lalu, bagaimana jika ketahuan melakukan kecurangan? Para pelajar yang melakukan kecurangan pada saat ujian berlangsung akan mendapatkan denda dan penjara selama tujuh tahun.

Jenis soal Gaokao ini sangat berbeda dengan ujian masuk universitas yang biasanya hanya berisi pilihan ganda. Sebaliknya, soal Gaokao juga terdiri dari sejumlah soal esai dengan minimal kata yang sudah diatur oleh pihak pembuat soal. Tujuan dari adanya soal esai ini adalah untuk menguji kreativitas, pengetahuan umum, logika, hipotesis, dan daya mampu berpikir pelajar yang mengikuti ujian ini. Mata pelajaran yang ada di ujian ini ada matematika, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan matematika IPA (MIPA) atau sosial hukum (soshum) sesuai dengan peminatan siswa.

Di Tiongkok pada saat menjelang hari ujian, orang tua para peserta Gaokao ini rela  mengeluarkan biaya yang sangat banyak untuk memesan hotel yang dekat dengan tempat ujian berlangsung. Bahkan, ada banyak juga yang memesan hotel dari dua sampai tiga bulan sebelum ujian diadakan. Tujuannya agar anak-anak mereka dapat mempersiapkan ujian dengan baik dan mendapatkan universitas terbaik pula.

Tentunya tuntutan dan beban tersebut menyebabkan naiknya angka kasus bunuh diri di kalangan pelajar yang gagal dalam Gaokao ini. Bahkan, ada juga sejumlah kasus di mana beberapa pelajar mulai bunuh diri sebelum ujian dimulai. Namun, tidak ada jalan lain karena Tiongkok adalah contoh sebuah negara yang sangat menjunjung tinggi prestasi dan integritas. Pastinya banyak orang di sana yang juga mengalami depresi dan stres tingkat tinggi.

Jadi, apakah kalian jadi tambah bersyukur menjadi pelajar Indonesia? Tetap semangat meraih cita-cita dan prestasi kalian yaa ~ 

Referensi:

Livia, K. (2023, March 7). Mengenal Gaokao, Ujian Perguruan Tinggi Tersulit Di Dunia. IDN Times. https://www.idntimes.com/life/education/klara-livia-1/mengenal-gaokao-ujian-perguruan-tinggi-tersulit-di-dunia

Aisyah, N. (2021, October 19). Gaokao, Seleksi Universitas yang Dianggap Terekstrem di Dunia & Lamanya 9 Jam. Detikedu. https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5772953/gaokao-seleksi-universitas-yang-dianggap-terekstrem-di-dunia–lamanya-9-jam 

BBC News 中文. (2020, July 7). 中国高考前曝光三起丑闻 考场外的弊案和漏洞是怎么发生的. https://www.bbc.com/zhongwen/simp/chinese-news-53305067 

高考

也许我们中有些人对高考这个词很熟悉,对于那些从未听说过的人来说,高考是中国的大学入学考试。 事实上,竹帘之国的学生们都非常害怕这个考试。 怎么会呢?

自 1950 年代以来,高考一直是中国的一种教育制度,尽管当时在文化大革命期间中断了。 这种考试对于中国社会的刻板印象,尤其是那些不是来自上层社会的人,如果有人通过了高考,就是通往成功和社会地位上升的入场券。

本次考试历时2天,历时9小时。 此外,所有在中国的学生只有一次机会参加高考。 其实这次考试也是看得很严。 因为它受到警察、闭路电视和金属探测器的监控。 因此,考生不得使用手机、手表等金属数码设备,以免考试作弊。 此外,发送到每所学校的试题都有 GPS,因此可以对其进行跟踪并确保试题不被泄露。

那么,作弊被抓到怎么办? 在考试中作弊的学生将被罚款和监禁 7 年。

这类高考题与一般只有选择题的高考有很大的不同,高考题不仅有选择题,还有作文题,作文题是出题人设定的最少字数。 这些作文题的目的是测试参加考试的学生的创造力、常识、逻辑、假设和思考能力。 这次考试的科目是数学、英语、普通话和科学或社会科学。

在中国,高考前夕,高考考生的家长愿意花大价钱预订临近考点的酒店,不少甚至在考试前2个月、3个月就开始预订酒店。将举行。 目标是他们的孩子可以为考试做好准备并进入最好的大学。

当然,这导致许多高考失败的学生自杀。 甚至有人在考试开始前就自杀了。 能有什么办法呢,因为国家真的很拥护一个成就。 当然,那里的许多人也正在经历抑郁和压力。

怎么样,是不是更庆幸自己不是印尼留学生? 保持精神以实现您的目标和成就。

Thenny Marcella