Warna Keberuntungan Menurut Kepercayaan Tiongkok

http://kebajikandalamkehidupan.blogspot.com/2011/07/warna-dalam-budaya-cina.html 

Di Tiongkok, terdapat banyak sekali kepercayaan mengenai sesuatu yang akan membawa keberuntungan seperti angka, warna, dan lain-lain. Warna sendiri dianggap sangat penting oleh orang-orang di Tiongkok karena warna dipercaya bisa membawa keberuntungan dan berkah kepada orang yang memakainya. Warna-warna ini juga secara istimewa dipakai dan dihadirkan dalam acara-acara penting seperti keagamaan hingga acara-acara yang membawa kebahagiaan kepada orang-orang dengan harapan dapat membawa suasana yang bahagia dan senang. Terdapat tiga warna keberuntungan utama yang dianggap dapat membawa keberuntungan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Tiongkok. Berikut warna-warna yang dipercaya membawa keberuntungan bagi masyarakat Tiongkok

1. Merah – Kebahagiaan, Sukses, Keberuntungan dan Nasib yang Baik

Merah melambangkan api yang membara dan merupakan warna yang paling populer di kalangan masyarakat Tiongkok. Warna merah juga merupakan warna nasional yang mewakili kebahagiaan, kesuksesan, keberuntungan, kecantikan, dan lain-lain. Warna merah juga sangat erat dalam kegiataan yang diadakan oleh masyarakat Tiongkok seperti festival hingga acara penting seperti pernikahan.

Jika pernah ke Tiongkok, kita akan melihat banyak sekali lentera merah yang bertulisan huruf ganda (Xǐ [喜]) dan biasanya menghiasi toko-toko dan tempat tinggal. Lentera merah ini berarti kebahagiaan dengan warna merah yang akan membawa keberuntungan kepada masyarakat di Tiongkok. Orang-orang di Tiongkok juga biasanya mengenakan pakaian berwarna merah ketika mengikuti kegiatan-kegiatan penting dan memberikan amplop merah berisi uang yang biasa dikenal sebagai “Angpao” ketika Tahun Baru Imlek.

2. Kuning – Takhta dan Kesetiaan

Di Tiongkok, warna kuning sering dihubungkan dengan pusat serta melambangkan kekaisaran dan khusus diberikan kepada kaisar.

Kaisar pertama Tiongkok dikenal sebagai Kaisar Kuning (黄帝). Warna kuning juga dipercaya sebagai warna yang penting menurut kepercayaan masyarakat Tiongkok kuno. Hal ini dikarenakan Tiongkok sering disebut sebagai “Bumi Kuning”, dan sungai utamanya adalah Sungai Kuning (黄河). 

Pada masa kekaisaran, semua keramik, guci hingga patung berwarna kuning dan menghiasi setiap ruangan dalam istana. Para kaisar juga diberikan baju berwarna kuning sehingga dianggap sebagai pemilik takhta tertinggi di Tiongkok.

Dalam Buddhisme Tiongkok, warna kuning juga dipercaya sebagai kebebasan dari kebutuhan material, hal ini mengakibatkan banyak para biksu yang menggunakan jubah berwarna kuning.

3. Hijau – Uang dan Kekayaan

Orang-orang di Tiongkok mempercayai bahwa warna hijau membawa kekayaan, kesuburan, harapan, harmoni, pertumbuhan, regenerasi, kemurnian, kebersihan, dan lain-lain. Hal ini mengakibatkan kebanyakan bangunan yang terdapat di Tiongkok biasanya dicat dengan warna hijau sehingga bisa membawa kekayaan. Untuk kemasan makanan di Tiongkok, biasanya diberi warna hijau juga karena hal ini seringkali akan menunjukkan bahwa produk dari kemasan tersebut bebas dari kuman atau bisa disebut bersih. 

Referensi :

3 Warna Keberuntungan Menurut Budaya China. (2020, December 27). Bolong.id. Retrieved October 10, 2022, from https://bolong.id/lp/1220/3-warna-keberuntungan-menurut-budaya-china

WARNA KEBERUNTUNGAN DI CHINA. (n.d.). Malang International School. Retrieved October 10, 2022, from https://mislanguageschool.co.id/kursus/bahasa-mandarin/artikel/31/warna-keberuntungan-di-china

中国人信仰的幸运色

在中国,人们对能带来好运的事物有很多信仰,例如数字、颜色等。中国人认为颜色本身非常重要,因为人们相信颜色会给佩戴它的人带来好运和祝福。这些颜色还专门用于宗教等重要场合,为人们带来幸福的活动,以期带来幸福快乐的气氛。在中国人的日常生活中,三种主要的幸运色被认为可以带来好运。人们相信以下颜色会给中国人带来好运:

一 红色——幸福、成功、幸运和好运

红色象征阴燃,是中国人最流行的颜色。红色也是代表幸福、成功、幸运、美丽等的国色。红色也与中国人举行的活动密切相关,例如节日到婚礼等重要活动。

如果你去过中国,你会看到很多带有双字母(Xǐ [喜])的红灯笼,通常用于装饰商店和住宅。这盏红灯笼象征着幸福,红色为中国人民带来好运。中国人在参加重要活动时也通常穿红衣服,并在过年时送红包,里面装着俗称“红包”的钱。二 黄色——王座与忠诚

在中国,黄色常与中心联系在一起,象征着帝国,是专门送给皇帝的。

中国的第一个皇帝被称为黄帝。根据中国古代的信仰,黄色也被认为是一种重要的颜色。这是因为中国常被称为“黄土地”,其主要河流是黄河。

皇朝时期,所有的陶瓷、骨灰盒和雕像都是黄色的,装饰着宫殿的每个房间。皇帝也被赋予了黄色的衣服,因此他们被认为是中国最高的宝座拥有者。

在中国佛教中,黄色也被认为是对物质需求的自由,这就是为什么许多僧侣穿黄色长袍的原因。

三 绿色——金钱和财富

中国人相信绿色带来财富、生育、希望、和谐、成长、再生、纯洁、清洁等等。这导致中国的大多数建筑物通常都涂成绿色,这样可以带来财富。对于中国的食品包装,它通常也被赋予绿色,因为这通常表明包装中的产品没有细菌或可以称为清洁。

Penerjemah: Viola Vinata

Joe Daniel Chang