Lima (5) Akulturasi Makanan Tionghoa-Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali jenis makanan atau kuliner, akan tetapi, tidak semuanya adalah kuliner asli Indonesia. Beberapa merupakan hasil akulturasi atau percampuran budaya dari negara-negara lain yang dahulu berdagang di Indonesia, salah satu negara tersebut adalah Tiongkok. Sebagian besar masakan khas Tiongkok menggunakan babi atau biasa disebut dengan istilah “bak”. Tetapi karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, masyarakat Indonesia mengganti dagingnya menjadi daging ayam atau sapi. Beberapa contoh makanan yang sering didengar dan dimakan oleh masyarakat Indonesia adalah bakso, bakmi, bakpao, dan bakcang.

Selain makanan yang berawalan dengan kata “bak”, masih banyak kuliner Indonesia yang hanya sedikit orang tahu bahwa makanan ini terinspirasi dari makanan Tiongkok, seperti :

  • CAKWE

Cakwe atau 油条 (You Tiao) adalah makanan tradisional khas Tiongkok. Cakwe terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng. Masyarakat Tiongkok biasanya memakan cakwe dengan cara mencelupkannya ke dalam bubur atau dimakan bersama susu kedelai. Di Indonesia, cakwe biasanya disajikan dengan cara yang berbeda di setiap daerahnya. Di Jawa Tengah, cakwe dimakan bersama dengan susu kedelai. Di Jawa Barat, cakwe dimakan dengan cocolan saus sambal dan disebut sebagai “cino gelut”, sedangkan di Pontianak, cakwe disantap dengan bubur kacang tanah dengan nama “lek tau san”.

  • NASI TIM

Nasi tim merupakan salah satu hidangan yang dibuat oleh masyarakat Tionghoa Indonesia. Kata “tim” berasal dari kata Bahasa inggris “steam” yang berarti dikukus. Makanan ini disebut nasi tim karena cara pembuatannya adalah dikukus dengan daging ayam. Biasanya nasi tim disajikan dengan sup bening kaldu ayam ditaburi dengan daun bawang. Selain daging ayam, nasi tim juga dapat disajikan dengan daging sapi ataupun daging babi. Karena nasi tim memiliki tekstur yang lembut, makanan ini biasanya cocok untuk dijadikan makanan bayi.

  • SAPO TAHU

Sapo tahu atau 砂锅豆腐 (shāguō dòufu) adalah salah satu makanan Tiongkok-Indonesia yang sering ditemui dan dipesan di restoran-restoran Chinese food. Sapo tahu adalah hidangan yang berbahan utama tahu telur disajikan menggunakan claypot (sapo) yang juga digunakan untuk memasak hidangan ini. Pada awalnya, sapo tahu hanya dimakan bersama berbagai macam sayuran. Sekarang, sapo tahu disajikan bersama dengan berbagai daging seperti udang, ikan, ayam, sapi, atau daging babi.

  • SIOMAY

Di Tiongkok, siomay atau shumai terbuat dari daging cincang yang dibungkus dengan kulit pangsit lalu dikukus menggunakan kukusan bambu dan termasuk ke dalam jenis dim sum. Di Indonesia, siomay umumnya terbuat dari ikan tenggiri yang dikukus dan menggunakan bumbu kacang yang disiram diatasnya. Biasanya, siomay disajikan bersama dengan kubis, telur rebus, tahu, dan kentang.

  • ONDE-ONDE

Onde-onde atau 煎堆 (jiānduī) adalah jajanan tradisional yang sering kita temui di pasar-pasar tradisional di Indonesia. Jajanan ini sudah ada sejak jaman Majapahit yang awalnya dibawa oleh pedagang Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia. Pada awalnya, onde-onde hanya berisi pasta gula merah dibungkus dengan tepung dan diberi wijen diatasnya, tetapi di Indonesia, onde-onde dimodifikasi dengan adanya penambahan kacang hijau sehingga cocok dengan lidah orang Indonesia. Sekarang, onde-onde memiliki banyak sekali varian rasa seperti matcha, durian, dan mozzarella.

Penulis : Nathanael Geoffrey Hanjaya

Referensi:

https://www.idntimes.com/food/diet/siti-hajar-angun/7-kuliner-indonesia-berawalan-bak-ini-hasil-akulturasi-budaya-cina-c1c2/7

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5131962/5-fakta-menarik-cakwe-si-hantu-goreng-yang-gurih-renyah/3

https://id.wikipedia.org/wiki/Nasi_tim

https://id.wikipedia.org/wiki/Sapo_tahu

https://bobo.grid.id/read/08682184/suka-makan-siomay-yuk-cari-tahu-asal-usulnya?page=2

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3777362/menelusuri-sejarah-onde-onde-yang-harus-kamu-ketahui

Sumber gambar:

https://umroh.com/blog/cara-membuat-siomay/

https://www.piknikdong.com/cara-membuat-cakwe.html

https://www.masakapahariini.com/resep/resep-nasi-tim-ayam/

https://id.tastemade.com/videos/sapo-tahu

https://www.resepistimewa.com/resep-siomay-ayam/

http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/onde-onde–kuliner?lang=id

中国印尼混合美食

印度尼西亚有许多类型的食物或烹饪美食,但是,并非都是正宗的印度尼西亚烹饪美食。 有些是由于文化的融合或其他国家(以前曾在印尼进行贸易)的文化混合造成的,中国是这些国家之一。 大多数典型的中国菜使用猪肉或通常我们把它称为“ bak”。 但是,由于印度尼西亚的大多数人口是穆斯林,因此印度尼西亚人民将肉改为鸡肉或牛肉。 印尼人经常听和吃的一些美食有丸子(bakso),肉面(bakmi),包子(bakpao)和粽子(bakcang)。除了以“bak”一词开头的食物外,还有许多只有少数人知道这些美物是受中国食物启发的印尼美食,例如: 

  1. 油条 (Cakwe)

Cakwe或油条(You Tiao)是中国传统美食。 油条是由炒米粉面团制成。 中国人通常通过将其浸在粥中或与豆浆一起食用。在印度尼西亚,油条通常在每个区域上菜的方式都不同。 在中爪哇省,油条与豆浆一起食用。 在西爪哇,油条蘸辣椒酱食用,也被称为“cino gelut”,而在坤甸,油条则与花生粥一起食用,名称为“lek tau san”。

  1. 蒸鸡饭 (nasi tim)

蒸鸡饭是印尼华人社区创造的菜肴之一。 “tim”一词来自英语单词“steam”,意思是蒸。 这个美食被称为蒸鸡饭,因为它的制作方法是用鸡肉来蒸。 通常,蒸鸡饭配上清汤鸡汤,汤中含有大葱。 除了鸡肉,蒸鸡饭也可与牛肉或猪肉一起食用。 由于蒸米饭质地柔软,因此通常适合婴儿食用。

  1. 砂鍋豆腐 (sapo tahu)

Sapo tahu或沙锅豆腐(shā guō dòu fu)是中式印尼菜之一,这个美食在中餐馆会经常遇到和订购。 沙锅豆腐是一种用鸡蛋豆腐制成的菜,也使用煲仔饭(sapo)烹饪该菜。 最初,砂鍋豆腐只与各种蔬菜一起食用。 如今,砂鍋豆腐已搭配各种肉类,例如虾,鱼,鸡肉,牛肉或猪肉。

  1. 烧麦 (siomay)

在中国,烧麦是用裹在饺子皮中的肉末制成的,然后用竹蒸锅蒸熟,烧麦是点心其中之一。 在印度尼西亚,烧麦通常由蒸鲭鱼制成,并在上面撒上花生酱。 通常,饺子配上白菜,煮鸡蛋,豆腐和土豆。

  1. 煎堆 (onde-onde)

Onde-onde或煎堆(jiānduī)是印尼传统市场中经常遇到的传统小吃。 这种小吃自Majapahit时代以来就存在了,Majapahit时代最初是由中国商人访问印尼带来的。 最初,煎堆只用面粉包裹的红糖糊,上面撒有芝麻籽。但是在印度尼西亚,煎堆通过加入绿豆进行了改良,使其适合印度尼西亚的舌头。 现在,煎堆具有多种口味,例如抹茶,榴莲和芝士。 

Translator : Veronica

Nathanael Geoffrey Hanjaya