Pabrik Nyamuk di Pulau Shazai, Guangzhou, China

https://www.merdeka.com/foto/dunia/737418/20160803213742-mengunjungi-pabrik-nyamuk-di-pulau-shazai-005-isn.html

  Jika mendengar kata “nyamuk”, pasti yang ada dibayangan kita adalah hewan yang menyebabkan gatal-gatal dan dapat menyebabkan penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Sebisa mungkin kita ingin menghindari nyamuk dalam kehidupan sehari-hari. Namun lain halnya dengan Negara China, terutama di Pulau Shazai, Guangzhou,  terdapat satu pabrik yang merupakan pabrik nyamuk terbesar bahkan disebut sebagai pabrik nyamuk raksasa.

    Pabrik nyamuk ini melepas sebanyak satu juta nyamuk setiap minggunya. Pelepasan nyamuk ini dilakukan dengan tujuan mengurangi populasi nyamuk penyebab DBD. Dengan melepaskan satu juta ekor nyamuk jantan yang telah disterilisasi, maka populasi nyamuk betina pembawa virus DBD akan berkurang karena nyamuk betina tersebut tidak dapat memiliki keturunan lagi.

   Lokasi pabrik nyamuk ini persisnya berada di area Science city, Guangzhou. Dengan kepala tim yang bernama Xi Zhiyoung sebagai penanggung jawab dalam pelepasan nyamuk ke Pulau Shazi setiap minggu. Dengan pelepasan nyamuk ini, populasi nyamuk pembawa virus DBD terbukti telah berkurang sebanyak 90 persen.

   Kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit DBD di Negara China bukanlah hal yang asing. Tahun lalu di China terjadi 47 ribu kasus akibat nyamuk DBD dan sudah 22 ribu kasus kematian di seluruh dunia terjadi karena DBD. Walaupun orang yang pernah terkena demam berdarah sudah imun dengan virus tersebut, namun bila digigit oleh nyamuk pembawa virus dapat berisiko tinggi untuk terkena demam dengue.

Sumber Penulisan: https://www.liputan6.com/health/read/2286367/china-bangun-pabrik-nyamuk-raksasa-untuk-atasi-dbd

Delistya Declacya