Sejarah Bakpao

Sumber Gambar : https://www.merdeka.com/gaya/5-variasi-cara-membuat-bakpao-kukus-kln.html

Tahukah kamu awal mula ditemukan bakpao?

Sebelum mengetahui tentangsejarah bakpao lebih baik kita tahu terlebih dahulu  arti ‘bakpao’ sendiri. Bakpao terbentuk dari 2 kata ‘bak’ dan ‘pao’. ‘Bak’ berasal dari Bahasa Hokkian yang artinya daging babi, sedangkan ‘Pao’ berasal dari Bahasa Mandarin artinya bungkus. Jadi, bakpao adalah daging babi yang dibungkus (tepung).

Bakpao pertama kali ditemukan oleh seorang ahli strategi dari China bernamaZhuge Liang (181-234). Pada waktu itu, ia dan beberapa prajuritnya harus melewati sungai besar yang sangat berbahaya yaitu Sungai Lu Shui, menurut rakyat lokal, orang yang ingin melewati sungai tersebut harus memberikan kepala manusia sebagai tumbal supaya angina dan badai besar dapat berhenti dan mereka bisa menyebrangi sungai dengan selamat.

Namun karena Zhuge Liang merupakan seorang yang baik hati dan bijaksana, ia tidak ingin mengorbankan prajurit-prajuritnya sehingga ia menyuruh prajuritnya untuk membawakan daging babi kepadanya lalu dibungkuslah daging babi itu dengan tepung dan dibuat menyerupai kepala manusia. Dijadikanlah makanan itu sebagai tumbal dan akhirnya mereka dapat melewati sungai Lu Shui dengan selamat. Sejak saat itulah, makanan tersebut dikenal dengan nama bakpao hingga saat ini.

 

Sumber : https://www.merdeka.com/gaya/5-variasi-cara-membuat-bakpao-kukus-kln.html

Gabriela Widya WH