Unreal Engine 5: Masa Depan Video Game Telah Tiba!

Halo Sobat! Coba deh, perhatikan gambar di atas! Jika dilihat, memang tidak ada yang menarik dari gambar tersebut. Tapi, tahukah kamu jika gambar tersebut sebenarnya tidak diambil di dunia nyata dan dibuat secara digital? Gambar tersebut dibuat menggunakan sebuah game engine yang bernama Unreal Engine 5. Daripada penasaran, yuk langsung saja kita simak pembahasannya!

Apa itu Unreal Engine 5?

Seperti yang sudah disampaikan di atas, Unreal Engine 5 adalah sebuah game engine. Game engine itu sendiri merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat sebuah video game. Unreal Engine 5 dikembangkan oleh Epic Games dan diperkirakan akan rilis pada awal tahun 2022. Namun, Epic Games menyediakan early access yang sudah bisa kamu akses di sini.

Seperti namanya, Unreal Engine 5 merupakan generasi ke-5 dari Unreal Engine, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998. Pada awalnya, engine ini dibuat untuk sebuah video game bergenre first person shooter yang bernama Unreal. Unreal Engine generasi pertama ini dikembangkan oleh Tim Sweeney, founder dari Epic Games.

Fitur Unreal Engine 5

Nah, pasti kamu sudah mulai penasaran nih, bagaimana bisa sebuah game engine menghasilkan sebuah gambar yang sangat photorealistic? Dilansir dari situs resmi Unreal Engine 5, berikut adalah fitur utama dari Unreal Engine 5:

1. Nanite


Nanite adalah sebutan untuk sistem geometri dari Unreal Engine 5. Pada dasarnya, objek-objek yang ada di dalam sebuah video game terbentuk dari banyak bentuk polygon yang disebut sebagai triangle. Sebelum adanya Nanite, jumlah triangle yang dapat ditampilkan sangatlah terbatas karena masalah performa.

Jika Unreal Engine 4 biasanya hanya dapat menampilkan beberapa juta triangle saja, Nanite dapat menampilkan miliaran triangle dengan mudah. Ini artinya Unreal Engine 5 dapat menampilkan triangle seribu kali lebih banyak daripada Unreal Engine 4. Wah, sangat menakjubkan sekali bukan?

2. Lumen


Fitur selanjutnya dari Unreal Engine adalah Lumen, yang merupakan sistem pencahayaan yang sangat membantu developer dalam membuat pencahayaan yang realistis.

Sebelum adanya Lumen, seorang developer diharuskan untuk mengira-ngira refleksi serta bayangan yang dihasilkan oleh suatu objek. Dengan adanya Lumen, hal tersebut dapat dilakukan secara otomatis. Refleksi, pantulan cahaya, serta bayangan objek juga akan berubah sesuai dengan perubahan lingkungannya, seperti adanya perubahan posisi objek lain, posisi matahari, adanya sumber cahaya lain, dan sebagainya. Oh iya, semua hal ini terjadi secara real time lho!

Selain kedua fitur di atas, Unreal Engine 5 juga memiliki beberapa fitur lainnya, mulai dari World Partition yang mempermudah developer dalam pembuatan map yang besar, sampai fitur animation baru yang lebih artist-friendly.

Jika kamu ingin mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Unreal Engine 5 secara lebih jelas, kamu dapat lihat di sini.

Dampak Unreal Engine 5 bagi Perkembangan Video Game

Seperti yang sudah kita ketahui, fitur-fitur baru dari Unreal Engine 5 sangat mempermudah developer dalam pembuatan video game. Sebelum adanya Unreal Engine 5, batasan jumlah aset merupakan salah satu penghalang besar dalam pembuatan sebuah video game. Hal ini membuat developer harus berhati-hati agar tidak menambahkan terlalu banyak objek ke dalam video game karena akan menyebabkan masalah performa.

Namun dengan adanya Unreal Engine 5, kini developer menjadi bebas dalam menambahkan ide-ide kreatif mereka ke dalam video game tanpa harus memikirkan masalah performa. Dengan begini, maka dalam waktu dekat kita akan melihat games dengan visual dan tingkat detail yang mungkin tidak terbayangkan lima tahun lalu.

Nah itu tadi pembahasan mengenai Unreal Engine 5, apakah kamu sudah tidak sabar untuk memainkan games yang menggunakan Unreal Engine 5? Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!