Future Smartphone: Apa yang akan Terjadi pada Smartphone di Masa Depan?

Siapa sih yang tidak mengenal tentang smartphone? Smartphone sendiri menjadi benda yang wajib dibawa oleh setiap orang, baik kalangan anak muda maupun orang tua. Selain sebagai alat komunikasi, smartphone zaman sekarang juga berfungsi sebagai media hiburan. Misalnya untuk menonton film, mendengarkan musik, mengambil gambar dan sebagainya. Namun tahukah kamu, bagaimana proses perkembangannya ?

Menurut berbagai sumber yang saya dapatkan berikut timeline perkembangan smartphone dari tahun ke tahun:

  • Ponsel pertama kali muncul di tahun 1970-an. Panggilan telepon seluler pertama dilakukan oleh Dr Martin Cooper, seorang karyawan Motorola, di New York menggunakan prototipe telepon DynaTAC.
  • Pada tahun 1979, Jepang meluncurkan jaringan seluler otomatis pertama yang tersedia secara komersial atau yang biasanya disebut “1G”.
  • Pada tahun 1983, untuk pertama kalinya ponsel dijual dengan harga 4.000 dolar Amerika Serikat. Ponsel yang dijual adalah Motorola DynaTAC 8000X.
  • Pada awal tahun 90-an, ponsel dengan GSM (Global System for Mobile Communication) diluncurkan dengan jaringan seluler 2G.
  • Masuk ke era 2000, Sharp J-SH04 menjadi ponsel kamera pertama di pasar tetapi ponsel ini hanya tersedia di Jepang.
  • Di 2005 sistem operasi Android diambil alih oleh Google. Kemudian pada tahun 2008 ponsel Android pertama dirilis dengan nama G1.
  • Pada tahun 2007 Iphone generasi pertama dari Apple rilis.

Kemudian hingga saat ini smartphone terus berkembang dan menghadirkan berbagai macam fitur yang canggih, bahkan banyak perusahaan besar yang berlomba-lomba untuk menciptakan smartphone yang jauh lebih canggih lagi.

Lalu apakah kamu tahu bahwa sudah ada beberapa perusahaan besar yang sukses di bidang teknologi terutama smartphone? Menurut sumber dari progress.id dan teknonisme.com berikut adalah 5 perusahaan smartphone terbesar di dunia :

  1. Samsung
  2. Apple
  3. Huawei
  4. Xiaomi
  5. Oppo

Lalu bagaimana tampilan smartphone di masa yang akan datang? Ini merupakan hal yang menarik untuk dibahas mengingat bahwa saat ini sudah banyak smartphone yang berkembang, memiliki fitur-fitur canggih, dan tampilan yang modern berkat teknologi yang mutakhir. Sebut saja smartphone besutan Samsung yang dirilis pada 6 September 2019 dan 14 Februari 2020 yaitu Samsung Galaxy Fold dan Samsung Galaxy Z Flip. Kedua smartphone tersebut merupakan smartphone pertama yang layarnya dapat dilipat.

Dari kita yang berpikir bahwa mustahil untuk melipat layar smartphone, Samsung menghadirkan kedua ponsel tersebut. Bahkan kedua versi ponsel tersebut sudah sampai seri yang ke-3 yaitu Samsung Galaxy Z Flip 3 dan juga Galaxy Z Fold 3 yang rilis pada bulan Agustus 2021.

Kemudian salah satu pesaing dan juga yang termasuk perusahaan smartphone terbesar di Indonesia yaitu Oppo juga tidak mau kalah dengan Samsung. Pada bulan April 2021 lalu, Oppo meluncurkan smartphone bernama Oppo Find X 2021 dengan tema rollable handset dimana layar ponsel nya bisa digulung ke dalam.

Menarik bukan? Dari seluruh perusahaan smartphone hanya Samsung dan Oppo yang tampil berbeda daripada lainnya. Dari yang kita hanya berpikir bahwa smartphone tidak bisa dilipat, Samsung mampu membuat ponsel yang bisa dibilang menjadi ciri khas nya tersendiri. Serta layar smartphone yang tidak bisa digulung, Oppo juga mampu membuat layar yang bisa digulung.

Lalu bagaimana bentuk untuk smartphone di masa yang akan datang? Menurut merdeka.com ada beberapa fitur yang lebih canggih dan modern seperti dari segi tampilan, kamera, fitur keamanan, storage, CPU, GPU, AI, dan virtual ID.

Akhir kata, mungkin beberapa dari Anda berpikir bahwa itu tidak mungkin terjadi. Namun, jika kita melihat kembali perkembangan teknologi dari masa ke masa, tidak ada yang tidak mungkin. Perkembangan teknologi yang terus maju membuat hal yang mustahil atau bahkan tidak terpikirkan menjadi mungkin dan terwujud.

Jadi, bagaimana pendapat anda terkait perkembangan smartphone? Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!