BNCC WEBINAR SLICE OF LIFE: “SLICE OF DATA ANALYST LIFE”

Jakarta,  08 April 2022 – Data Analyst merupakan salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh industri saat ini, karena data merupakan salah satu aspek yang menjadi pertimbangan setiap perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis. Oleh karena itu, Bina Nusantara Computer Club (BNCC) Alam Sutera telah menyelenggarakan webinar Slice of Data Analyst Life yang dihadiri oleh 459 peserta. Webinar ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana kehidupan seorang pekerja yang bergerak di bidang data, yaitu Data Analyst. 

Sesuai dengan kultur BNCC, acara diawali dengan doa yang dipimpin oleh MC. Kemudian, MC mengucapkan terima kasih kepada pihak media partner dan sponsor yang telah mendukung webinar ini, serta paparan singkat sebagai perkenalan pembicara yang dilanjut dengan penayangan video dari Cakap. 

Sesi selanjutnya merupakan sesi materi yang akan dibawakan oleh Kak Iman Nur Fakhri selaku Data Engineer yang juga mencakup sebagai Data Analyst di Cakap. Cakupan materi yang dijelaskan mulai dari penjelasan pekerjaan Data Analyst, soft skills dan hard skills yang dibutuhkan oleh seorang Data Analyst, sampai tools-tools yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan sebagai Data Analyst. 

Sebelum memasuki sesi QnA, terdapat sesi Talkshow Fakta dan Mitos yang berisikan beberapa statement yang berkaitan dengan Data Analyst dan dibacakan oleh MC, lalu dibantu oleh kak Iman untuk membenarkan statement tersebut berupa fakta atau mitos. Dari sesi tersebut dilanjut dengan sesi QnA dimana pembicara akan menjawab pertanyaan satu persatu dari peserta melalui platform Sli.do.

Di akhir acara, MC memberikan pengumuman untuk 3 peserta dengan pertanyaan terbaik dan kemudian menutup acara dengan doa serta menyampaikan rasa terima kasih kepada media partner, sponsor, pembicara dan juga peserta yang sudah mengikuti webinar Slice of Data Analyst Life dari awal hingga akhir. 

Dengan diadakannya webinar ini, diharapkan masyarakat Indonesia terutama mahasiswa/i dapat memahami lebih lanjut terkait satu bidang dalam dunia teknologi yang dapat mereka tekuni nantinya.