Penasaran Apa Itu LMS? Yuk, Kenalan Sama LMS Cloud!

Halo semua! Kalian sadar nggak nih, selama pandemi penggunaan teknologi meningkat drastis. Sekolah menerapkan online school dan banyak perusahaan menerapkan Work From Home atau lebih dikenal dengan WFH. Hal ini mempercepat pemanfaatan teknologi digital dan membuat teknologi semakin berkembang pesat. Kira-kira kalian sadar nggak nih, ada teknologi apa saja yang ada di sekitar kalian sendiri? Nah, berikut adalah penjelasan mengenai salah satu teknologi yang dimanfaatkan di bidang pendidikan bernama Learning Management System yang berbasis cloud.

Apa itu Learning Management System?

Learning Management System atau yang biasa disingkat LMS merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk kegiatan dalam jaringan, program pembelajaran elektronik, dan pelatihan. Mungkin agar kalian mendapatkan gambaran mengenai LMS, berikut beberapa contoh LMS yang populer, yaitu:
1. Google Classroom
2. Moodle
3. Edmodo

Learning Management System berbasis Cloud

LMS berbasis cloud merupakan Learning Management System yang di-hosting via internet yang dapat diakses oleh siapapun secara langsung. Kalian tidak perlu hardware atau software apapun. Hal ini tentunya memudahkan pengguna karena semuanya sudah tersedia via internet.

Keunggulan LMS Cloud

1. Fungsi Disaster Recovery

Keunggulan pertama yang dimiliki LMS cloud adalah fungsi untuk menyiapkan cadangkan data. Kalian tidak perlu takut kalau kamu tidak sengaja menghapus data penting, karena di LMS Cloud tersedia fitur Disaster Recovery. Jadi saat ada data yang hilang kamu tidak perlu panik lagi, karena data kamu masih disimpan di fitur Disaster Recovery.

 

2. Biaya Terjangkau

Keunggulan LMS Cloud berikutnya adalah biayanya yang lebih rendah dibandingkan LMS biasanya. LMS Cloud tidak memerlukan maintenance, dan support. LMS Cloud juga sangat terjangkau. Jadi, kalian tidak perlu pusing memikirkan soal biaya.

 

3. Lebih Aman

Bagi kalian yang khawatir soal keamanan data, tidak perlu khawatir. LMS Cloud memiliki keamanan yang lebih terjamin sehingga kalian tidak perlu khawatir mengenai pencurian dan kehilangan data.

 

4. Skalabilitas

Bagi kamu yang baru ingin menggunakan LMS Cloud, tidak perlu takut. Karena ada fitur skalabilitas yang memungkinkan host atau pemilik untuk mengatur ukuran sistem LMS Cloud. Kalian dapat memulai dari sistem yang kecil lalu perlahan ditingkatkan atau dikurangkan sesuai kebutuhan.

 

5. Dapat Diakses Kapan Saja dan di Mana Saja

LMS Cloud merupakan servis yang berbasis internet. Jadi, kalian dapat mengakses LMS Cloud kapanpun dan di manapun selama kalian memiliki koneksi internet dan gadget.

 

6. Penyimpanan Online

Semua data kalian, baik itu dokumen maupun gambar dapat diunggah langsung ke dalam LMS. Jadi kalian tidak perlu pusing memikirkan sisa storage PC yang semakin menipis karena sudah tersimpan di LMS Cloud.

 

7. Tidak Membutuhkan Management Khusus

LMS cloud tidak memerlukan instalasi software apapun. Hal ini dikarenakan software tersebut dikelola oleh penyedia sistem sehingga yang harus kalian lakukan hanyalah masuk, membuat konten kursus, dan mengelola distribusi kursus kamu!

Nah, itu tadi merupakan beberapa keunggulan LMS Cloud dan tentunya masih ada banyak lagi keuntungan lainnya yang dapat diberikan oleh LMS Cloud. Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur. Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!