DESAIN USER EXPERIENCE

Halo sobat FILE! tahukah kamu bahwa sekarang UX Designer sedang banyak dicari oleh perusahaan karena tidak dapat lagi diabaikan bahwa UX memiliki peran yang penting. User experience itu sendiri adalah perasaan atau emosi user saat menggunakan suatu produk dan terjadi karena adanya interaksi antara manusia dengan komputer melalui website atau aplikasi mobile, sedangkan user experience design adalah proses dari membuat suatu produk yang menyediakan pengalaman yang berharga dan berarti bagi pengguna. Ini melibatkan design dari seluruh proses memperoleh dan mengintegrasikan produk, termasuk aspek branding, desain, kegunaan dan fungsi. UX designer memperhatikan seluruh proses dari memperoleh dan mengintegrasikan produk.

Produk yang menyediakan UX yang baik adalah desain yang tidak hanya memperhatikan kegunaan produk tapi juga seluruh proses memperoleh, dan juga memecahkan masalah yang ada. Sama halnya, desainer UX tidak hanya fokus dalam membuat produk yang dapat digunakan, tetapi seorang desainer UX juga berfokus pada aspek lain seperti kepuasaan, efisiensi dan juga kesenangan dari pengguna. Oleh karena itu, tidak ada suatu definisi dari UX yang baik. Tetapi, UX yang baik adalah UX yang memenuhi kebutuhan tertentu dari pengguna produk.

Seorang desainer UX akan mempertimbangkan faktor “kenapa”, “apa” dan “bagaimana” produk digunakan. Faktor “kenapa” melibatkan motivasi pengguna untuk menggunakan produk, apakah mereka berhubungan dengan hal yang mereka harap untuk ditampilkan, atau untuk menilai dan melihat asosiasi dengan pemilik dan kegunaan dari suatu produk. Faktor “apa” mengarahkan kepada suatu yang dapat dilakukan oleh orang terharap produk kita. Pada akhirnya, faktor “kenapa” berhubungan dengan desain dari fungsionalitas dalam kemudahan akses dan estetika yang tinggi. Desainer UX memulai dengan faktor “kenapa” sebelum menentukan faktor “apa”, lalu akhirnya faktor “bagaimana” dengan tujuan untuk membuat produk dimana pengguna dapat merasakan pengalaman berharga dengan desain kita. Dalam desain software, seorang desainer harus memastikan “substansi” produk datang melalui perangkat yang ada dan menawarkan pengalaman yang mulus dan lancar.

Nah, bagaimana menurut kalian sobat FILE? Apakah kalian mulai tertarik untuk menjadi seorang desainer UX? Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam mengenai dunia UX kalian dapat menghadiri acara UXID Conference 2018 yang akan diadakan pada 4 dan 5 Oktober 2018 di Tokopedia Tower. Acara ini berlangsung selama 2 hari dan akan ada lebih dari 20 pembicara dan juga lebih dari 250 praktisi UX yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang UX dari dalam maupun luar negeri yang pastinya akan sayang sekali jika kalian lewatkan. Jadi, tunggu apa lagi, segera dapatkan tiketmu di 2018.uxid.org/ticket

Bina Nusantara Computer Club