CREATIVE FREELANCER Powered by CROWDBEES

BINUS University mengadakan acara seminar & Talkshow dengan tema Creative Freelancer di Auditorium Kampus BINUS Alam Sutera. Acara ini berlangsung pada tanggal 10 Mei 2023 dengan 3 sesi yang setiap sesinya mengundang narasumber-narasumber yang tentunya berpengalaman di bidangnya masing-masing dan informatif. Tidak hanya di kampus Alam Sutera, acara ini juga mengajak BINUSIAN dari regional Kampus BINUS lainnya yaitu @Kemanggisan @Senayan @Bekasi @Bandung @Semarang dan @Malang untuk hadir ke dalam Seminar & Talkshow via aplikasi Zoom (online).

Pada sesi pertama, Pkl 09.00 – 12.00 narasumber mempresentasikan materi seputar cara membangun brand dan pentingnya UI & UX design sebagai identitas brand. Acara dibuka dengan MC dan dilanjut dengan sesi seminar dari Dr. Arsa Widitiarsa Utoyo, M.Sn. selaku dosen program studi DKV New Media, Fakultas School of Design BINUS University yang membahas topik mengenai branding. Beliau memberikan materi tentang bagaimana suatu proses branding dan hal-hal apa saja yang dapat dijadikan untuk membuat branding. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan mengundang Eveline Irene Anton, S.Sn. selaku  UX Product Designer dari GOJEK Indonesia dan membahas materi tentang proses penentuan komponen UX yang baik dalam bisnis digital. Terakhir, presentasi materi dilanjut dengan membahas tentang UI Design dari Devina Adyasa, S.Sn. selaku UI Product Designer TOKOPEDIA.

Sesi kedua yaitu siang hari, Pkl. 13.00 – 15.00 diawali dengan presentasi materi dari  Mohammad Taufiq aka EMTE (Illustrator and Artist) dan Andreas, S.Sn., M.Ds. selaku dosen program studi DKV, Fakultas School of Design BINUS University. Pada sesi ini, kedua narasumber membahas seputar kreativitas sebagai art illustrator di era 4.0. Narasumber juga membahas mengenai perjalanan seorang illustrator dari awal berkarya hingga menjalankan kegiatan sebagai freelancer, bagaimana etika bisnis ketika bekerja sama dengan client, dan bagaimana proses teknik dalam merancang suatu karya baik hingga dapat mempromosikan portofolio melalui platform media sosial yang ada saat ini.

Terakhir, pada sesi sore Pkl. 15.00 – 17.00 acara dilanjutkan dengan topik materi yang membahas seputar creative storytelling yang dibawakan oleh Ekky Imanjaya, S.S., M.Hum., M.A., Ph.D. selaku Dosen program studi Film, Fakultas School of Design, BINUS University dan Gatot Subroto, S.Kom., M.Sn. selaku Director and Founder Rumah Penulisan. Sesuai dengan tema topik pada sesi 3 yaitu creative storytelling, kedua narasumber memberikan materi presentasi mengenai bagaimana cara membuat Script Writer untuk film, apa saja proses penulisan naskah yang efektif, dan memperlihatkan beberapa karya yang menjadi poin-poin pembahasan presentasi dari film yang dikerjakan.

Di penghujung acara pada setiap sesi, mahasiswa diperkenalkan dengan CROWDBEES yang sudah resmi dirilis oleh BINUS DIGITAL dan Corporate Marketing Communication (CMC). Melalui media CROWDBEES dan acara seminar ini, para mahasiswa diharapkan dapat menambah insight dan pengalaman untuk menjadi creative freelancer, memperluas media networking, dan bergabung menjadi  bersama tim dosen dalam kegiatan lainnya. 

Josephine Irene, Nickxen Michael, Steffany Raissa