5 Film Hollywood Dengan Mengandung Unsur Budaya Indonesia

Hollywood merupakan distrik di Los Angeles, Amerika Serikat yang kerap dikenal dari industri perfilmannya. Film seperti Avatar, Avengers: Infinity War, Terminator 2 hingga Dunkirk merupakan hasil garapan rumah produksi yang didirikan pada tahun 1910 tersebut. Sejak pendiriannya, Industri film Hollywood berkembang pesat dan menjadi pusat perfilman terbesar di seluruh dunia. Kini, seratus tahun setelah didirikan, Hollywood terus meningkatkan kualitas produksinya, terutama dalam representasi budaya pada film-film mereka. Bila dahulu banyak film Hollywood yang didominasi oleh aktor kulit putih dan hanya menampilkan satu budaya saja, kini Hollywood sudah mulai memasukan aspek-aspek kultur internasional dari beragam budaya, termasuk Indonesia. Nah Smart Viewers, kira-kira ada dialog atau momen apa saja ya yang Indonesia banget dalam Film Hollywood? yuk simak langsung dibawah!

  • The Philosophers (2012)

Dengan arahan sutradara John Huddles yang bekerjasama dengan Sineas Indonesia, film ini memperlihatkan keindahan dan panorama pariwisata dari Indonesia yang berlokasikan di beberapa wilayah Indonesia seperti Gunung Bromo, Candi Prambanan, Kota Belitung, dan Kota Jakarta. Film ini menerima banyak respon yang cukup bagus dari penontonnya di Eropa Timur sebelum film ini ditayangkan di Indonesia.

  • Eat Pray Love ( 2010 )

Film Drama yang diperankan Julia Robert ini diadaptasi dari kisah inspiratif buku Elizabeth Gilbert dengan judul serupa. Menariknya film ini ternyata melakukan seluruh aktivitas produksinya di Pulau Dewata. Cerita dari film ini mengajarkan kita bagaimana cara untuk mengekspresikan diri kita dan menjelajahi dunia.

  • Alex Cross (2010)

Alex Cross adalah film bergenre kriminal thriller yang disutradarai Rob Cohen dan dibintangi oleh Tyler Perry sebagai pemeran utamanya dan Matthew Fox sebagai penjahat Picasso. Film ini menggelar proses shooting mereka di Bali, lebih tepatnya di daerah Karangasem dan Pulau Nusa Lembongan. Dengan menampilkan keindahan Bali dan Nusa Lembongan lewat film tersebut membuat banyak penonton mancanegara tertarik untuk berkunjung langsung ke Indonesia.

  • Fast and Furious 6 (2013)

Bila sebelumnya lokasi shooting di Indonesia, kali ini Bahasa Indonesia juga berhasil tampil di film Hollywood. Dalam film Fast and Furious 6 yang ditonton oleh seluruh kalangan. Joe Taslim, aktor asal Indonesia yang berperan sebagai antagonis dalam film balapan ini sempat berdialog “Hantam mereka!” saat hendak mengalahkan Vin Diesel dan kawan-kawan.

  • Despicable Me ( 2010 )

Kali ini film animasi asal Hollywood juga menyelipkan Bahasa Indonesia melalui prequel Despicable Me. Karakter kuning lucu ini menyelipkan Bahasa Indonesia dalam ocehan mereka seperti kata “Terima Kasih”, ”Cepatlah” , “Paduka Raja”, dan “Kemari”.

Nah Smart Viewers, cukup banyak bukan momen yang Indonesia banget di dalam film-film Hollywood? mana nih yang sekiranya menjadi favorit kalian? Sudah sepatutnya kita bangga atas representasi budaya dan bahasa kita dalam kancah Internasional seperti pada film-film Hollywood ini.

ROVABELITHA BERLIAN & MUHAMMAD ZAFFAN