MENGEDIT VIDEO ITU MUDAH!

Divisi Teknik merupakan divisi yang bersentuhan langsung dalam proses pembuatan suatu program dari belakang layer yang mengoperasikan kamera, audio, dan editing. Dalam editing, video editor bertugas untuk menyunting gambar paska produksi agar terlihat rapih dan menarik serta layak untuk disiarkan. Oleh karena itu, dalam mengedit video diperlukan tahapan yang benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan mempermudah dalam pengerjaan mengedit video. Berikut tips-tips untuk mempermudah editor dalam mengedit video:

1. Lihat story board
Story board ini merupakan skenario yang dapat mempermudah pekerjaan editor dalam mengedit agar sesuai dengan durasi dan jalan cerita yang sudah ditetapkan oleh PD. Dengan selalu memperhatikan dan mengikuti skenario dalam Story board, dapat memudahkan editor dalam memilah video-video yang diperlukan dari adegan satu ke adegan lainnya.

2. Pilih backsound yang sesuai
Penggunaan backsound merupakan hal yang sangat penting dalam pengeditan video. Oleh karena itu, editor harus bisa memilah dengan baik dan menyesuaikan genre backsound dengan topik video. Jangan lupa untuk menggunakan backsound yang sudah lulus pelanggaran hal cipta ya!

3. Penggunaan effect seperlunya
Dalam mengedit video, memberikan effect merupakan hal yang pasti sering digunakan dan penting untuk memberikan tampilan yang lebih menarik dalam videonya. Namun penggunaannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak terlihat berlebihan yang bisa membuat penonton menjadi tidak nyaman dan terlihat tidak profesional.

4. Perhatikan audio
Masih banyak pemula yang melewatkan tahap ini, padahal sebenarnya pengaruh dalam mengatur audio sangat penting dalam pengeditan video. Audio harus disesuaikan agar penonton dapat menikmati dengan nyaman.

Itu lah beberapa tips untuk memudahkan editor dalam mengedit video. Dalam pengeditan video juga diperlukan kesabaran yang tinggi dan ketekunan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jadi percaya dirilah dengan hasil editing sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Faradhila Namira A.