P2M 2020: BROADCASTING 101 – LIFE BEHIND THE CAM

BINUS TV Club setiap tahunnya menjalankan sebuah program yang memiliki fokus untuk berkontribusi pada komunitas dan masyarakat bernamakan Pengabdian Pada Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan P2M. Pengabdian yang dilakukan berupa kontribusi nyata aktivis dan anggota BINUS TV Club untuk membantu isu-isu sosial yang sedang terjadi, tapi P2M tahun ini berbeda dengan P2M pada tahun-tahun sebelumnya sebab P2M kali ini dilaksanakan secara online atau daring melihat adanya kasus global pandemic yakni COVID-19. Hal ini tentu berpengaruh pada konstruksi kegiatan P2M kali ini, dimana panitia harus mengambil pendekatan melalui digital dan dipersiapkan secara berjauhan.

P2M 2020 bekerja sama dengan GEBRAK, Gerakan BINUSIAN Beraksi, yakni upaya pengumpulan dana yang diselenggarakan oleh Organisasi Kemahasiswaan Binus University dalam ikut serta membantu mengatasi masalah-masalah yang terjadi selama masa pandemi ini. Visi dari GEBRAK sendiri memiliki korelasi dengan tujuan besar program P2M yaitu berfokus kepada komunitas.  Kebetulan COVID-19 merupakan isu global dan menjadi salah satu permasalahan utama di Indonesia, maka dari itu BINUS TV Club memutuskan, bekerja sama dengan GEBRAK, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bebas dari COVID-19.

Tahun ini, P2M terbagi menjadi dua rangkaian acara. Panitia memulai P2M dengan meningkatkan social awareness dan social engagement dengan membuat video yang bertemakan “Melawan COVID-19”. Video ini menyorot perjuangan masyarakat yang bekerja sebagai ‘ojek online’, dan menunjukkan dalam bentuk apa kita sebagai anak muda bisa berkontribusi dalam perjuangan mereka. Video ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap orang lain yang membutuhkan dimulai dari hal yang paling kecil.

Jika acara pertama berfokus pada meningkatkan kepedulian masyarakat, acara selanjutnya panitia berfokus pada penggalangan dana untuk GEBRAK yang dilakukan dengan cara mengadakan webinar gratis bertemakan
“Broadcasting 101 : Life Behind The Cam”, dimana para peserta boleh menyumbang dana secara sukarela untuk ikut serta berkontribusi nyata dalam upaya membantu mengatasi masalah yang ada karena pandemi COVID-19 di Indonesia. Webinar ini memiliki dua narasumber yang menjadi praktisi di bidang tersebut, yaitu Pak Indra Yudhistira selaku Director Of Indonesia Entertaiment Group dan Kak Rana Rayendra selaku Digital Creative at Narasi TV. Dalam event ini, panitia P2M fokus pada sharing pengetahuan di dunia broadcasting dan menyediakan platform dimana peserta bisa melakukan tanya jawab secara langsung.

BINUS TV Club beserta panitia penyelenggara berharap masyarakat dapat lebih mengetahui perspektif baru terhadap community engagement, yang bisa dilakukan mahasiswa selama COVID-19, serta mendapat pengetahuan yang lebih mengenai dunia broadcasting secara langsung. See you on the next P2M! Stay safe during COVID-19.

Nicholas Irwin