“TIPS MENYEDUH TEH YANG BENAR”

“Tips Menyeduh Teh Yang Benar”

Leonardo Antonius

2101646243

Sumber Gambar : Artikel Binus TV Club

Teh adalah minuman yang sering kita jumpai, kita dapat menemukan the hamper di seluruh dunia. Teh juga minuman yang dinikmati banyak orang, namun untuk mendapatkan kenikmatan yang terbaik dari teh, kita tidak bisa menyajikannya dengan cara yang sembarangan, jika disajikan secara sembarangan, maka kenikmatan dari teh itu sendiri akan hilang. Untuk mendapatkan kenikmatan yang terbaik dari teh, kita perlu memperhatikan beberapa faktor penting yang mempengaruhi kenikmatan teh pada saat kita menyeduhnya diantaranya; kualitas air, suhu air, teko, seduhan.

Kualitas air dalam penyeduhan teh sangat berpengaruh apda kenikmatan teh yang diseduh, jangan mengguankan air ledeng biasa karena bau dan rasanya akan menempel pada teh dan akan merusak rasa alami teh. Kemudian faktor selanjutnya adalah suhu air, suhu air yang digunakan untuk menyeduh the tidak boleh semabrangan, beberapa teh kualitasnya akan rusak jika diseduh langsung dengan air yang mendidih, sebaiknya seduh the dengan suhu air sekitar 80-90 derajat celcius.

Lalu, teko yang digunakan untuk menyeduh teh sebaiknya gunakan teko yang terbuat dari keramik, usahakan jangna menggunakan teko yang terbuat dari logam karena baud an rasanya akan menempel pada air teh. Sebelum menyeduh teh, jangan lupa untuk membilas teko yang digunakan dengan air panas terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan suhu ait dan teko sehingga suhu air tidak menuruh saat menyentuh teko yang dingin. Lalu masukkan tiga sendok kecil daun teh kering kedalam teko dan seduh dengan air panas, pada saaat menyeduh, gunakan gerakan memutar agar penyeduhannya merata,hal ini juga dilakukan karena jika hanya menuang ke satu sisi, teh yang terkena air panas secara terus-menerus akan rusak karena terlalu lama terkena panas.

Lalu, air seduhan pertama sebaiknya dibuang karena pada saat pertama kali terkena air panas, daun teh yang kering belum membuka dengan sempura dan araoma teh tidak akan keluar semua sehingga kenikmatan daari teh akan berkurang. Pada penyeduhan kedua, air jangan sampai memenuhi teko, beri sedikit ruang agar aromanya lebih kuat lalu diamkan semala 2-3 menit, jangan didiamkan terlalu alma karena akan membuat rasa the menjadi lebih pahit. Setelah itu teh siap dituangkan ke gelas dan siap dinikmati. Untuk membuat teh yang nikmat tidak dapat dilakukan dengan cara yang mudah, dibutuhkan Teknik dah kesabaran yang tinggi agar kenikmatan alami dari teh tidak hilang.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : Artikel Binus Tv Club

Chinthya Robert