BIC

PKM [Pengabdian Kepada Masyarakat] 2023

PKM BIC 2023 : “Bisa Berbisnis”

Setiap tahun-nya, BINUS Business Internasional Club (BIC) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap masyarakat. Tahun ini, kegiatan PKM diadakan dalam bentuk seminar bisnis, yang dilaksanakan pada tanggal 15 dan 17 Mei 2023 di SMAN 23 Tangerang.

Seminar bisnis PKM terdiri atas 5 sesi yang berisikan hal-hal penting dalam membangun bisnis.  Sesi 1 hingga 3 dilaksanakan pada hari pertama, di tanggal 15 Mei 2023 sedangkan sesi 4 dan 5 dilaksanakan pada hari kedua, di tanggal 17 Mei 2023. Setelah memperoleh pemahaman dasar mengenai pengantar bisnis, analisa bisnis, dan branding, di hari kedua ini, peserta PKM diberi materi yang lebih berfokus pada market dan kompetitor. Materi sesi 4 bertemakan “Know Your Market” akan menjelaskan cara melakukan market research dengan menggunakan framework Segmentation, Targeting, dan Positioning (STP). Sesi 5 yang bertemakan “Ways To Make Your Business Stand Out” akan membahas mengenai pentingnya melakukan analisa kompetitor dan strategi- strategi yang dapat digunakan dalam persaingan bisnis.

Kegiatan PKM di hari kedua ini berjalan dengan lancar, diawali dengan kata sambutan oleh presiden BBIC, Jesika Utomo, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh tim BBIC dan sesi tanya jawab dengan peserta. Para siswa SMA peserta seminar bisnis menunjukan antusiasmenya dengan menyampaikan berbagai pertanyaan serta berpartisipasi aktif dalam rangkaian mini games berhadiah yang telah disiapkan oleh tim BBIC, mulai dari true or false, multiple choices, dan 2 truth 1 lie. Setelah rangkaian acara seminar selesai, tim BBIC melakukan penyerahan plakat kepada SMAN 23 Tangerang sebagai bentuk apresiasi. Penyerahan plakat kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pembuatan video dokumentasi, sambil menyerukan slogan PKM tahun ini,  yaitu “PKM BIC 2023, bisa berbisnis”.