PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2022

Pengabdian Kepada Masyarakat UKM Bersama Dalam Musik 2022

Seperti setiap tahunnya, UKM BDM telah membuat acara atau event Pengabdian Kepada Masyarakat atau yang sering disingkat sebagai PKM. PKM merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat. Kegiatan ini menjadi event pertama yang dilakukan secara onsite setelah pandemi. Kegiatan PKM yang bertemakan tema “Camaraderie: The Power of Melody” diadakan selama 5 kali pertemuan selama 1 bulan di Panti Asuhan Pondok Kasih Agape di Jakarta Utara. Kegiatan ini dibuat oleh 20 panita dari UKM BDM dan dihadiri oleh 28 anak-anak TK sampai SD Panti Asuhan Pondok Kasih Agape.

Dalam kegiatan PKM ini, UKM BDM menyediakan sarana pembelajaran musik kepada masyarakat khususnya musik orkestra, dengan beberapa materi dan kegiatan yang akan dibawakan oleh pengajar kepada anak-anak.

Pada pertemuan pertama yaitu tanggal 1 Juni 2022, kegiatan PKM ini dimulai dengan pembukaan dan doa yang dilakukan oleh MC, yaitu Adriella Noah. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sebuah ice breaking dengan beberapa game yang sudah disiapkan oleh para panitia.

Setelah ice breaking para pengajar yaitu Timotius Rubby Guntheres, Herklots Harold, dan Ravino Elang Mahardika membawakan materi tentang genre musik. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan makan bersama, dimana para panitia akan membagikan konsumsi kepada semua peserta. Hari pertama kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat akhirnya ditutup dengan doa.

Dalam pertemuan kedua tanggal 8 Juni 2022, acara PKM dibuka dengan doa dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking oleh para MC yaitu Adriella Noah dan Ian. Setelah cairnya suasana di Panti Asuhan Agape, acara dilanjutkan dengan pembelajaran jenis-jenis alat musik yang dibawakan oleh Timotius Rubby Guntheres dan Ravino Elang Mahardika. Dan setelah pembelajaran selama 45 menit ini selesai, acara dilanjutkan dengan pembagian konsumsi serta dilanjutkan oleh penutup dan doa yang dipimpin oleh anak-anak Panti Asuhan Pondok Kasih Agape.

Pada pertemuan ketiga pada tanggal 15 Juni 2022 tidak jauh berbeda dengan pertemuan sebelumnya yang dibuka dengan doa dan dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembawaan materi alat-alat musik dan tradisional nusantara. Pada pertemuan ketiga ini, ada hal yang spesial, dimana para panitia mengumumkan bahwa ada sebuah ajang perlombaan yang bernama “Agape Got Talents” yang akan diadakan pada pertemuan terakhir, dimana kegiatan tersebut ditujukan untuk menjadi sebuah sarana bagi anak-anak Panti Asuhan Pondok Kasih Agape untuk menerapkan hal-hal apa saja yang sudah dipelajari dari materi-materi yang sebelumnya sudah dibawakan. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan pembagian menjadi 3 kelompok yang dilakukan oleh panitia, dimana setiap kelompok terdiri dari 7-8 orang untuk bisa mulai mempersiapkan diri untuk tampil di perlombaan tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian konsumsi oleh panitia, dan ditutup dengan doa.

Berbeda dengan pertemuan lainnya, pertemuan keempat pada tanggal 18 Juni 2022 ini didedikasikan untuk pembelajaran musik secara nyata, dimana setiap kelompok memilih sebuah lagu dan melatih kemampuan bermusik mereka yang akan di lombakan pada pertemuan terakhir. Pada pertemuan ini, para panitia dibagi ke beberapa kelompok untuk bisa mendampingi anak-anak Panti Asuhan Pondok Kasih Agape dalam melakukan latihan. Setelah itu, acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian konsumsi dan ditutup dengan doa.

Pada pertemuan terakhir yaitu pada tanggal 22 Juli 2022, kegiatan puncak dari seluruh rangakaian acara Pengabdian Kepada Masyarakat akhirnya tiba. Pada hari ini, seluruh peserta yang sudah terbagi menjadi 3 kelompok akan memperlihatkan kemampuan mereka dalam bermusik. Namun, sebelum mereka semua tampil, para panitia memperbolehkan terlebih dahulu kepada semua peserta untuk bisa melakukan pemanasan dengan berlatih selama 30 menit. Setelah itu, acara masuk pada kegiatan “Agapa Got Talents”, dimana urutan kelompok yang akan tampil adalah kelompok 3, kelompok 1, dan kelompok 2. Setelah kegiatan “Agapa Got Talents” tersebut selesai, para panitia berdiskusi terlebih dahulu selama 15 menit untuk bisa menentukan kelompok yang akan menjadi juara. Selama menunggu para panitia berdiskusi untuk menentukan pemenang, para peserta juga diberikan konsumsi oleh panitia. Setelah itu, akhirnya acara ini masuk pada tahap pengumuman pemenang, dimana kelompok 2 menjadi juara pertama, kelompok 1 menjadi juara kedua, dan kelompok 3 menjadi juara ketiga. Para panitia kemudian membagikan hadiah kepada para pemenang dan mengadakan sesi foto bersama dengan semua peserta. Setelah itu, para panitia juga memberikan plakat dan menyerahkan donasi yang diwakilkan oleh Ketua Pelaksana Kegiatan PKM, yaitu Eilene Christina Chu kepada perwakilan dari Panti Asuhan Pondok Kasih Agape, yaitu Ibu Lina. Acara kemudian berlanjut dengan pemberian kesan dan pesan oleh beberapa anak dan panitia. Seluruh rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat akhirnya ditutup dengan doa bersama.

Kegiatan PKM ini berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan utama para panitia yaitu untuk memperkenalkan UKM Bersama Dalam Musik ke masyarakat luas, mengajak masyarakat untuk memperluas wawasan tentang musik, memperkenalkan musik orkestra ke masyarakat luas serta menjadi sarana untuk mengekspresikan diri melalui musik. Para peserta juga memiliki respon positif dan antusias akan acara ini.

#SalamBDM

Eilene Christina Chu