LDKA BDM 2022

Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis 2022

Kegiatan LDKA atau Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis adalah salah satu bagian dari rangkaian kegiatan regenerasi kepengurusan organisasi Bersama Dalam Musik periode 2022-2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan membentuk karakter kepemimpinan para calon aktivis agar nantinya dapat melaksanakan tanggung jawabnya sebagai aktivis di kepengurusan BDM periode 2022-2023.  Pada acara ini, akan disampaikan beberapa materi mengenai UKM BDM yang penting untuk diketahui oleh para aktivis, dan juga kegiatan yang dapat digunakan untuk bonding antar aktivis.

Acara Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis Bersama Dalam Musik tahun 2022 ini mengambil tema “Seal The S.T.A.R (Striving to be An Excellent Leader). Sesuai dengan tema LDKA tahun ini, acara ini diharapkan mampu membuat calon aktivis baru BDM mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang cukup untuk dapat mempersiapkan mereka menjadi aktivis yang memiliki kemampuan dalam berorganisasi. LDKA ini juga diharapkan mampu membentuk jiwa kepemimpinan dari setiap calon aktivis, agar nantinya mereka semua bisa bekerja sama dengan baik dalam menjalankan berbagai program kerja BDM kedepannya. Acara LDKA ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 18-19 Februari 2022.

Hari pertama LDKA pada tanggal 18 Februari 2022, dimulai pada pukul 14.30 WIB. Acara ini dimulai dengan pembacaan doa dan pembacaan aturan-aturan yang harus ditaati oleh semua partisipan yang ada dalam zoom meeting. Acara ini dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Kalvin Jonathan Ginting sebagai Ketua Pelaksana LDKA 2022, dan Immanuel Abraham Mahardika Yudantoro Tobing sebagai Ketua Umum UKM Bersama Dalam Musik. Kemudian, acara ini masuk ke sesi materi pertama tentang “Leadership & Commitment”, yang dibawakan oleh Immanuel Abraham Mahardika Yudantoro Tobing sebagai Ketua Umum. Setelah sesi materi pertama selesai, diadakan sesi break bagi semua partisipan yang hadir. Acara ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terhadap materi pertama yang sudah disampaikan. Setelah itu, acara ini masuk ke sesi materi kedua tentang “Proposal dan LPJ”, yang juga disertakan dengan sesi tanya jawab, oleh Audi Christina sebagai Sekretaris & Hans Christian sebagai Bendahara. Setelah itu, acara ini memasuki sesi ice breaking, dimana semua calon aktivis akan memainkan game “Two Truths One Lie” di dalam breakout room kelompoknya masing-masing. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tugas yang harus dikerjakan untuk hari kedua yang bertemakan “Alur Organisasi” oleh Herklots Harold sebagai Ketua Regional Kemanggisan, dan sesi tanya jawab juga dibuka terkait penjelasan tugas tersebut. Setelah itu, sesi break kembali diadakan bagi semua partisipan. Setelah sesi break selesai, acara ini masuk ke sesi materi ketiga tentang “History BDM” yang juga disertakan oleh sesi tanya jawab, oleh Deo Zoeghema  sebagai alumni dari UKM Bersama Dalam Musik. Setelah itu, acara LDKA hari pertama ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ravino Elang Mahardika sebagai MC.

Hari kedua LDKA pada tanggal 19 Februari 2022, dimulai pada pukul 10.00 WIB. Acara ini dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Ravino Elang Mahardika sebagai MC. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan dari semua Pengurus UKM Bersama Dalam Musik periode 2022-2023. Acara ini dilanjutkan dengan sesi ice breaking, dimana semua calon aktivis akan memainkan game “Never Have I Ever” di dalam breakout room kelompoknya masing-masing. Setelah itu, acara ini memasuki sesi presentasi yang dilakukan oleh setiap kelompok calon aktivis, yang akan mempresentasikan tentang tugas yang sudah diberikan pada hari pertama yang bertemakan “Alur Organisasi”. Setelah itu, sesi break diadakan untuk semua partisipan. Setelah itu, acara ini dilanjutkan dengan sesi materi keempat tentang “Alur Organisasi BDM”, yang juga disertakan dengan sesi tanya jawab, oleh Timotius Rubby Guntheres sebagai Ketua Regional Alam Sutera. Sesi ini juga bertujuan untuk menyimpulkan semua presentasi yang sudah dilakukan oleh calon aktivis. Selanjutnya, acara ini memasuki sesi peresmian yang dilakukan oleh Immanuel Abraham Mahardika Yudantoro Tobing sebagai Ketua Umum BDM. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan sesi dokumentasi. Setelah itu, acara LDKA hari kedua ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ravino Elang Mahardika sebagai MC.

Acara ini berhasil membuat semua calon aktivis ikut berpartisipasi aktif dalam semua sesi yang ada dalam rangkaian acara LDKA tahun 2022, baik sesi ice breaking maupun sesi materi. Acara ini juga berhasil membuat semua calon aktivis lebih mengenal BDM dan juga anggota yang lain, yang diharapkan nantinya dapat memberikan dampak yang baik bagi UKM BDM kedepannya.

#SalamBDM

Kalvin Jonathan Ginting