Dokter Bikin Lagu?

Dokter Bikin Lagu?

Alunan lagu berjudul Puasa oleh grup Assahlan sebagai lagu pembukaan dalam acara peluncuran album religi perdana dimainkan di Atria, Solo, pada Kamis(8/4/2021) malam. Dengan aransemen yang sudah modern itu, lagu religi tersebut dapat dengan mudah didengar dan sangat cocok di dimainkan di suasana Ramadhan tersebut. Keindahan lirik tersebut ternyata diciptakan oleh seorang dokter spesialis kulit dan kelamin dan pemilik klinik Be Hati, bernama dr Khoirul Hadi. Dokter ini tidak hanya semata menciptakan lagu religi karena ini mencari peruntungan di bulan Ramadhan. Namun, karena pengalaman Dokter Hadi yang pernah terserang Covid-19 dan hampir meninggal dunia. “Setiap kata, ucapan bisa disusun bisa menjadi sebuah syair, lagu, yang bisa ditujukan untuk dakwah,” ucap Dokter Hadi disela peluncuran album perdana.

Dokter Hadi pun juga menceritakan mengenai kondisinya ketika terserang Covid-19 dan harus masuk ke ruang ICU di RSUD Dr Moewardi, Solo. Dokter Hadi mengatakan bahwa ia mengaku pasrah dan terus berdoa untuk yang terbaik demi dirinya. “Saat itu ada cita-cita bikin tuturan kata, kalimat, ditulis di HP, catatan. Saya baca Alquran dan hadist disadur,” urainya. Setidaknya ada 12 lagu di album perdana ini yang merupakan ciptaannya. Diantaranya ada Puasa, Sahur, Tahajud, Zakat, Subuh, Hisab, Selamat Datang Cahaya, Idul Fitri Sedekah, dan Bila Ajal Sudah Tiba.

Dokter Hadi berkomentar terkait grupnya, Assahlan. “Assahlan artinya yang dimudahkan menjadi perjalanan ke depan menjadi mudah termasuk untuk berdakwah. Ini merupakan tim tercepat bikin lagu dan grup serta aransemen dalam waktu 2,5 bulan,” katanya. Assahlan pun memakai Music Blast untuk pemasaran dan penggarapannya. Founder Music Blast, Bayu Randu mengaku sudah mendengarkan satu album tersebut dan memberikan pujian yang bagus terhadap album tersebut. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mengapresiasi karya Dokter Hadi tersebut, dimana lagu-lagu tersebut terdapat nuansa religius dan nuansa Nusantara-nya. “Mesti didengarkan menarik tidak hanya syairnya, cara bermusik pilahan lagu, nadanya Indonesia banget. Musik bernuansa religi dikemas dengan gaya nusantara, kamu harus dengerin download, lagi ini mengajak orang beribadah melalui musik,” tandasnya.