Tips Memilih Pakaian Selam Pertama Untuk Olahraga Air

 

Pakaian selam atau wetsuit yang berkualitas baik dapat membuat perbedaan yang signifikan lho. Memilih pakaian selam juga terbilang cukup sulit dan nggak bisa sembarangan. Hindari memilih secara sembarangan, kemudian ikuti beberapa tips mudah ini Superfriends.

Kawasan laut Indonesia yang luas membuat banyak petualang ingin mengeksplor segala keindahan laut. Sehingga kegiatan scuba diving, free diving, hingga snorkeling menjadi primadona di kalangan petualang. Olahraga air memiliki perbedaan tergantung dari tingkat kedalaman serta alat selam yang digunakan. Peralatan yang dibutuhkan juga terbilang nggak mudah dan nggak sedikit.

Salah satu peralatan selam yang paling penting adalah pakaian selam atau wetsuit. Pakaian yang berkualitas akan membuat tubuh tetap hangat walaupun berada di dalam air. Kalau memakai pakaian selam sendiri maka akan terhindar dari ukuran yang nggak pas sehingga tetap nyaman saat dipakai. Sebelum membeli secara impulsif, ada baiknya lo mengikuti beberapa tips memilih pakaian selam.

  • Ukuran adalah segalanya
    • Pakaian selam lebih penting dari peralatan selam lainnya. Makanya ukuran yang pas adalah segalanya. Salah satu cara memilihnya bisa dengan trapping lapisan tipis air di antara tubuh dengan setelan. Dari sini akan membantu pakaian selam tetap nyaman selama dipakai. Kalau pakaian selam nggak pas maka air dapat mengalir masuk lewat leher, pergelangan tangan, dan kaki saat menyelam.
    • Sehingga setelan tersebut nggak dapat melakukan fungsi thermal sepenuhnya. Ada beberapa hal yang perlu dipastikan diantaranya, segel leher harus pas tapi nggak terlalu kencang, segel pergelangan tangan serta kaki harus menempel pada kulit, setelan harus ketat tapi nggak ketat banget,
  • Pilih tingkat pelindung termal yang tepat
    • Nggak ada gunanya membeli pakaian selam lapisan ganda tujuh mm yang canggih kalau menyelam di daerah tropis dan nggak menyelam di daerah lebih dingin. Demikian juga, pakaian selam tiga mm nggak akan membantu lo di perairan negara beriklim dingin. Belilah pakaian selam untuk jenis penyalaman yang ingin lo lakukan, sehingga nyaman saat di dalam air atau pantai.
    • Pakaian selam terdapat peringkat ketebalan cukup standar yang diukur dalam milimeter. Semakin tebal maka akan semakin hangat. Misalnya saat suhu berada di 23 hingga 29 celcius maka pilih yang ketebalannya satu atau tiga mm. sedangkan saat suhu berada di empat hingga 10 celcius maka pilih yang lebih hangat seperti tujuh mm atau setelan ganda.
  • Pertimbangakan berat dan daya apung
    • Pakaian selam neoprene mengandung gelembung udara kecil pada bahan pakaiannya. Ini akan membantu tubuh lo tetap hangat, tapi membutuhkan lebih banyak bobot kalau lo menyelam dengan setelan yang lebih tebal daripada yang lebih tipis. Pakaian selam baru juga lebih mudah mengapung. Sehingga penyelam akan mengompres sehingga mereka akan kehilangan sedikit daya apung.

Adventure, A. (2021). Tips Memilih Pakaian Selam Pertama untuk Olahraga Air, Apa Saja?. Superlive.id. Retrieved 17 November 2021, from https://www.superlive.id/news/tips-memilih-pakaian-selam-pertama-untuk-olahraga-air-apa-saja.