Berenang Tanpa Melakukan Pemanasan, Bahayakah?

Sebelum berolahraga, tentunya kita harus melakukan pemanasan. Pemanasan bertujuan untuk melemaskan otot tubuh agar tidak kaku atau mengalami kram otot pada saat melakukan olahraga inti. Waktu yang tepat untuk melakukan pemanasan yaitu 5-15 menit, karena jika melakukan pemanasan berlebihan tubuh kita akan mengalami kelelahan pada saat olahraga inti sehingga olahraga pun menjadi tidak optimal. Masih banyak orang yang menganggap remeh pemanasan sebelum berolahraga, padahal olahraga tanpa pemanasan dapat beresiko terhadap tubuh. Berikut beberapa resiko berenang tanpa melakukan pemanasan.

  1. Meningkatkan resiko mengalami kram otot

Kram otot dapat terjadi karena otot-otot tubuh yang terasa kaku dan juga belum mengalami peregangan, yang akan kaget ketika harus langsung melakukan olahraga. Hal ini dapat memicu berbagai macam hal, seperti otot yang tertarik, terjepit, terlipat, dan kram pada otot. Semua gejala sakit otot tersebut tentunya akan sangat mempengaruhi efektivitas olahraga yang akan anda lakukan. Dimana anda kemungkinan tidak dapat melanjutkan permainan olahraga apabila otot, saat mengalami gangguan seperti kram otot, karena kram otot akan menyebabkan munculnya rasa sakit yang luar biasa.

  1. Cepat lelah dan kehabisan nafas

Kelelahan ini disebabkan karena kondisi tubuh yang kaget akan aktivitas olahraga yang tiba – tiba, sehingga tubuh kurang dapat menyesuaikan diri terhadap gerakan-gerakan olahraga dan juga hal ini dapat memicu terjadinya kelelahan. Berenang tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu juga dapat memicu tubuh menjadi lebih mudah kehabisan nafas saat melakukan gerakan berolahraga.

  1. Tendinitis

Bahaya berenang tanpa pemanasan adalah dapat mmeicu terjadinya tendinitis, yang merupakan gangguan dan juga rasa sakit pada bagian otot – otot. Hal ini juga dapat menyebabkan anda tidak akan dapat melakukan olahraga dengan baik dan juga optimal. Kondisi ini juga harus diwaspadai pada pengguna jenis obat analgesik.

Itulah bahaya dari olahraga tanpa melakukan pemanasan. Jadi, pemanasan itu adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan sebelum berolahraga, karena itu, jangan pernah lewatkan pemanasan sebelum olahraga. Terima kasih.

 

Source:
http://www.loop.co.id/articles/perhatikan-baik-baik-inilah-bahaya-berenang-tanpa-pemanasan

http://halosehat.com/diet-fitness/tips-olahraga/bahaya-olahraga-tanpa-pemanasan