Tips Menjadi Atlit Profesional Sejak Dini

Untuk menjadi seorang pemain badminton yang handal atau atlet badminton yang professional dibutuhkan komitmen dan kesabaran yang penuh untuk mencapai itu semua. Waktu yang dihabiskan tidak sedikit bahkan harus siap untuk hidup jauh dari keluarga sejak muda untuk fokus berlatih bulu tangkis. Karena jika memiliki keseriusan untuk mengejar mimpi menjadi seorang pemain bulu tangkis yang handal atau atlet badminton, maka dapat mengikuti beberapa langkah ini sejak usia muda, diantaranya:

  1. Berkenalan dengan bulu tangkis sejak dini

Berkenalan yang dimaksud yaitu mengenalkan olahrga bulutangkis sejak dini yaitu saat anak berusia 6-7 tahun. Karena pentingnya terlebih dahulu anak tersebut mengenali hingga menjadi hobi yang nantinya dapat diarahkan ke jenjang yang lebih serius.

  1. Bergabung dengan klub badminton

Setelah mengenal hingga menjadikan olahraga bulu tangkis hobi sudah saatnya anak untuk diarahkan bergabung ke dalam klub badminton. Sehingga pengetahuan anak dapat menjadi lebih luas lagi mengenai pemahaman olahraga bulu tangkis.

  1. Mengikuti turnamen kelompok umur

Mengikuti turnamen sangat penting untuk seorang calon atlet professional untuk melatih mental dan kapabilitas mereka agar semakin siap atau matang di setiap pertandinganya.

  1. Targetkan Pelatnas PBSI

Ketika anak didik dari masing masing klub badminton sudah matang dalam mengikuti berbagai turnamen, maka sudah seharusnya anak didik terjun atau menargetkan untuk gabung ke Pelatnas PBSI.

  1. Konsisten di dalam Pelatnas PBSI

Ketika sudah di dalam Pelatnas PBSI maka sudah saatnya membuktikan atau perjalan seorang atlet badminton sudah dimulai dengan memberikan performa yang terbaik dan konsisten disetiap pertandinganya.

Kunci untuk menjadi seorang atlet badminton yang professional adalah berawal dari motivasi diri yang nantinya dapat menjadi acuan untuk berkembang. Karena jika sekedar hobi saja akan sulit melewati berbagai proses yang sangat panjang seperti di atas jika tanpa adanya motivasi dalam diri.

 

Daftar Pustaka

Begini Cara Menjadi atlet badminton profesional Sejak Dini. Publikasi Media. (2022, 1 Juli). Retrieved from https://www.publikasimedia.com/cara-menjadi-atlet-badminton

I Putu Rio Siwa Ratrianjaya