Sejarah Piala Uber dan Thomas Cup

Turnamen Piala Uber dan Thomas Cup adalah kejuraan bulu tangkis yang diadakan 3 tahun sekali. Namun pada thaun 1982 hingga sekarang, Turnamen Piala Thomas dan Uber dilaksanakan 2 tahun sekali. Pada pembagiannya Uber Cup dimainkan oleh tim bulu tangkis wanita sedangkan Thomas Cup dimainkan oleh tim bulu tangkis pria. Dari pengertian yang sudah dijelaskan, kita juga harus mengetahui sejarah diadakannya Piala Uber dan Thomas Cup.

            Sejarah masing-masing Turnamen akan dibagi menjadi 2 Thomas dan Uber, pertama Thomas cup, Piala Thomas pertama kali digelar 1949. Nama Piala Thomas diambil dari nama pendiri sekaligus presiden pertama Federasi Bulu Tangkis Internasional (IBF), Sir George Alan Thomas, beliau semasa hidupnya adalah seorang pemain tenis, bulu tangkis, dan catur.

Kejuaraan pertama Piala Thomas pun dilaksanakan di Preston, Inggris dengan tiga tim yang mengikuti adalah Malaysia, Amerika Serikat, dan Denmark. Pada pertandingan final menggunakan format best of nine (lima tunggal dan empat ganda), Trofi Piala Thomas sendiri dibuat oleh Atkin Bros yang berasal dari London. Trofi itu terbuat dari bahan emas dan perak dan terdiri dari dua bagian yaitu cangkir alas serta sosok pemain di atasnya.

Sedangkan Piala Uber merupakan kejuaraan bulu tangkis beregu putri digelar delapan tahun setelah Piala Thomas, tepatnya pada 1957. Piala Uber diambil dari nama pebulu tangkis putri legendaris Inggris yaitu Betty Uber. Trofi Piala Uber berbentuk bola dunia dan di bagian atasnya terdapat patung pemain bulu tangkis wanita yang sedang mengayunkan raket. Turnamen Piala Thomas dan Uber dijadikan satu mulai tahun 1984. Hingga saat ini, Indonesia memegang rekor juara terbanyak Piala Thomas yakni 13 kali, sementara China merupakan penguasa Piala Uber dengan total 14 kali menjadi juara.

Kesimpulan dari sejarah Thomas dan Uber cup adalah, bahwa Piala Uber dan Thomas Cup adalah kejuraan bulu tangkis yang diadakan 3 tahun sekali, Piala Thomas pertama kali digelar 1949. Nama Piala Thomas diambil dari nama pendiri sekaligus presiden pertama Federasi Bulu Tangkis Internasional (IBF), Sir George Alan Thomas.Kejuaraan pertama Piala Thomas pun dilaksanakan di Preston, Inggris, dengan tiga tim peserta yaitu Malaysia, Amerika Serikat, dan Denmark dan Piala Uber merupakan kejuaraan bulu tangkis beregu putri digelar delapan tahun setelah Piala Thomas, tepatnya pada 1957. Piala Uber diambil dari nama pebulu tangkis putri legendaris Inggris yaitu Betty Uber. Trofi Piala Uber berbentuk bola dunia dan di bagian atasnya terdapat patung pemain bulu tangkis wanita yang sedang mengayunkan raket. Turnamen Piala Thomas dan Uber dijadikan satu mulai tahun 1984.

 

Daftar Pustaka

Djanti Virantika (2021, Oktober 11). Mengenal Sejarah Thomas dan Uber Cup, Turnamen Bulu Tangkis Beregu Bergengsi. https://sports.okezone.com/read/2021/10/11/40/2484534/mengenal-sejarah-thomas-dan-uber-cup-turnamen-bulu-tangkis-beregu-bergengsi

Ervan Yudhi Tri Atmoko (2021, Agustus 18). Sejarah Piala Thomas dan Uber. https://www.kompas.com/sports/read/2021/08/18/20500068/sejarah-piala-thomas-dan-uber

Tommy