Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis B-Preneur 2024/2025, UNITYQUEST: COMMIT, TRUTH, MAX POWER

Jakarta, Indonesia – Pada hari Kamis, 1 Februari – 2 Februari 2024, B-Preneur dengan bangga mengadakan acara Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis B-Preneur 2024/2025 dengan tema UnityQuest: Commit, Truth, Max power. Tema tersebut menggabungkan beberapa elemen kunci yaitu UnityQuest yang mencerminkan semangat pencarian atau perjalanan bersama menuju kesatuan dan kebersamaan dalam sebuah kelompok; Commit merujuk pada komitmen, menonjolkan pentingnya setiap peserta untuk berkomitmen pada tujuan bersama dan perkembangan kepemimpinan pribadi; Truth menyoroti kejujuran sebagai nilai inti, menekankan bahwa integritas dan kejujuran merupakan pondasi dari pengembangan kepemimpinan yang efektif; dan Max-Power yang mengacu pada maksimalisasi usaha dan potensi setiap individu. Acara ini berlangsung di Hotel Dirga Cibulan (Puncak Rd No. Km 81, Cibereum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750). Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis atau biasa disebut LDKA memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam memimpin dan diharapkan dapat memberi bekal kepemimpinan kepada aktivis B-Preneur tahun periode 2024/2025. Acara tersebut menampilkan serangkaian kegiatan termasuk:

Pemaparan materi mengenai pentingnya kerjasama tim dalam sebuah organisasi dari Raja Ahmed El Zuhayr yang biasa dipanggil Raja dan merupakan Ketua Umum B-Preneur tahun periode 2023/2024. Raja menjelaskan tentang definisi kerja sama dalam sebuah tim, cara membangun keberhasilan bersama, cara mengoptimalkan hasil, pilar utama dalam sebuah kerja sama tim, tantangan dalam kerjasama tim serta cara mengatasinya, dan cara menuju kesuksesan bersama. Sesi tersebut diakhiri dengan dibukanya tanya jawab dari para calon aktivis.

Selanjutnya, setiap kelompok melakukan presentasi yang sudah mereka siapkan mengenai ide program kerja serta penampilan yel-yel dari setiap kelompok. Kemudian, para calon aktivis dipandu ke villa masing-masing dan melakukan ISHOMA. Setelah ISHOMA selesai, acara ini dilanjutkan dengan 6 games (1 games per pos) yang terinspirasi dari sebuah film (The Hunger Games) yaitu Tracker jacker Shake, Catching Fire, The Mockingjay, Capitol Train, The Reaping, dan The Cornucopia. Dengan adanya kegiatan tersebut, calon aktivis dapat melatih kepercayaan dan kerjasama dalam sebuah tim serta dapat lebih mengenal satu sama yang lain.

Keesokan paginya, para calon aktivis serta calon pengurus melakukan senam pagi yang dipimpin oleh calon pengurus B-Preneur 2024/2025 dan pengurus B-Preneur 2024/2025. Kemudian dilanjutkan dengan Sholat Jumat bagi para laki-laki yang melaksanakannya. Untuk calon aktivis yang tidak melakukan ibadah Sholat Jumat, diarahkan kembali ke aula dan melakukan 2 games yaitu tebak calon pengurus dan tebak gambar. Games tebak calon pengurus dilakukan agar calon aktivis dapat lebih mengenal calon pengurus, yang kemudian dilanjutkan dengan ISHOMA.

Setelah dilakukan ISHOMA, para calon aktivis, calon pengurus dan pengurus membuat barisan dan melakukan kegiatan serah terima jabatan kepengurusan. Raja mengucapkan pidato terakhir-nya selaku ketua umum B-Preneur yang merupakan simbol penutupan masa tugas kepengurusan B-Preneur 2023/2024 sekaligus pelepasan jas pengurus. Selanjutnya, dilakukan penyerahan berkas dari Raja kepada Taniya Vanessa Ken yang biasa dipanggil Vanessa selaku Ketua Umum B-Preneur 2024/2025 yang kemudian memimpin pengucapan janji pengurus dan pemakaian jas pengurus. Lalu, dilanjutkan dengan pelantikan aktivis yang ditandai dengan pelepasan name tag dan pengucapan janji aktivis oleh Vanessa dan diikuti oleh seluruh calon aktivis. Berikutnya, untuk pertama kalinya Vanessa memberikan pidato selaku Ketua Umum B-Preneur 2024/2025 dan dilanjutkan dengan memberikan sebuah plakat kepada Raja sebagai tanda terima kasih atas kepengurusan 2023/2024. Acara ini diakhiri dengan dilakukan pengumuman awards setiap kelompok, awards B-Preneur 2023/2024 dan sesi dokumentasi. Setelah sesi dokumentasi dilakukan, maka acara telah berakhir.

 

Ditulis oleh:
Ashira Renaldi
Secretary at Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis 2024/2025