BINUS Entrepreneur Explore 2023: VISIT TO DPR RI

Jakarta, Indonesia – BINUS Entrepreneur Explore (BEE) Merupakan salah satu program kerja terbaru dari Binus Entrepreneur (B-Preneur) yang  yang dilaksanakan pada Rabu, 4 Oktober 2023. Program kerja ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, serta wawasan anggota B-Preneur akan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada instansi pemerintah. Pada tahun ini BINUS Entrepreneur Explore (BEE) diberi kesempatan untuk melakukan kunjungan ke Gedung DPR Republik Indonesia yang berlokasi di Jakarta. Alasan kami memilih untuk mengunjungi Gedung DPR karena memberikan kepada kami akses secara langsung ke sumber informasi tentang perkembangan politik dan legislatif yang ada di Indonesia. Dengan mengunjungi Gedung DPR ini memberikan kepada kami informasi sejarah-sejarah tentang politik yang ada di Indonesia, serta membuka wawasan bagi kami tentang kegiatan yang dilakukan oleh instansi pemerintah. 

Acara dimulai dengan sesi berkeliling Gedung DPR, Museum DPR, dan Ruang Rapat Paripurna. Dalam sesi ini kami dipandu oleh pihak perwakilan dari DPR yang memberikan penjelasan terkait dengan fungsi setiap ruangan yang ada di gedung DPR tersebut. Selain itu kami juga mengunjungi museum DPR yang berisi tentang sejarahnya berdirinya gedung DPR hingga sejarah politik yang ada di Indonesia. Didalam museum itu kami diperlihatkan oleh berbagai barang-barang bersejarah sehingga memungkinkan setiap peserta untuk melihat secara langsung. Selama proses berkeliling dalam museum pun kami dijelaskan oleh pihak DPR terkait dengan sejarah yang ada dalam museum tersebut. Tidak lupa juga kami diajak untuk mengunjungi ruangan rapat Paripurna yang berfungsi sebagai tempat rapat atau sidang para anggota dewan. Kami berkesempatan untuk duduk kursi yang biasanya diduduki oleh anggota dewan.

Selain itu rangkaian acara selanjutnya adalah pemaparan materi yang dipimpin oleh perwakilan dari pihak DPR. Rangkaian penyampaian materi ini menyampaikan penjelasan tentang setiap acara atau kegiatan apa saja yang dilakukan dalam gedung tersebut. Selama pemaparan materi juga kami membahas terkait dengan berkarir di DPR. Dalam sesi tersebut ada beberapa perwakilan yang sedang melaksanakan magang di DPR, mereka meneritakan pengalaman mereka selama bekerja dan bertugas di DPR. Setelah sesi penyampaian materi selesai dilanjutkan dengan dengan sesi QnA. Para participant diperbolehkan untuk memberikan pertanyaan kepada pembawa bicara terkait dengan pertanyaan seputar DPR. Setelah sesi QnA habis acaranya ditutup dengan pemberian plakat dari pihak DPR kepada B-Preneur yang diwakilin oleh Stefany selaku Project Manager dari BEE ini dan dilanjutkan dengan sesi pemberian hadiah kepada setiap pemenang dengan pertanyaan terbaik. Setelah rangkaian pemberian apresiasi selesai, maka acara telah berakhir dan ditutup dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak DPR yang telah menyambut hangat B-Preneur. 

 

Ditulis oleh:
Febbelita Wibiksono
Director of BINUS Entrepreneur Explore 2023