Pentingnya Mengatur Keuangan dalam Menghadapi Inflasi

Masa krisis dapat membawa ketidakpastian karena berbagai alasan, salah satunya masa inflasi yang sering membuat masyarakat khawatir. Inflasi sendiri merupakan proses dimana meningkatnya harga yang disebabkan salah satunya karena peningkatan konsumsi masyarakat yang berpengaruh kepada keuangan kita. Masa inflasi tidak dapat diberhentikan dan akan sangat terasa terutama jika kita tidak pintar dalam mengatur keuangan.

Sumber : https://radarr.africa/inflation-muddles-mash-holdings-valuation/

Inflasi yang terjadi di Indonesia sendiri pun tentu tidak menentu dan hampir terjadi setiap tahun nya. Namun setelah dilakukan beberapa analisis terdapat beberapa faktor yang dapat dijadikan acuan untuk meng spekulasi kemungkinan terjadinya inflasi tersebut yakni sebagai berikut.

  • Demand-Pull Inflation

Inflasi bisa disebabkan oleh faktor yang satu ini dimana kemajuan ekonomi negara yang pesat menimbulkan kesempatan kerja yang sangat tinggi dan berefek terhadap tingkat daya beli masyarakat yang melebihi kemampuan produksi.

  • Cost Push Inflation

Inflasi ini dapat disebabkan oleh naiknya cost production secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Hal ini biasa terjadi karena adanya inflasi dari luar negeri maupun turunnya nilai mata uang dalam negeri.

  • Bertambahnya uang yang beredar

Faktor inflasi yang satu ini tentu tidak jarang kita temui, dimana negara terlalu banyak mencetak uang yang menyebabkan uang yang beredar di dalam masyarakat juga semakin bertambah seiring waktunya yang tentu akan bertimbal balik terhadap nilai mata uang itu sendiri.

  • Luar negeri

Inflasi selain disebabkan dari faktor Internal ternyata dapat ditimbulkan melalui faktor Eksternal seperti kenaikan terhadap harga minyak mentah ataupun komoditas ekspor lainnya. 

  • Kekacau Ekonomi dan Politik

Inflasi dapat ditimbulkan dari sistem ekonomi dan politik dari suatu negara yang buruk. Karena dengan adanya kondisi politik yang kacau, produsen cenderung menaikan harga yang tentu akan berpengaruh terhadap stabilitas perekonomian.

Situasi dan kondisi ekonomi yang tidak pasti membuat kita perlu untuk mulai mengelola keuangan sehingga dapat dapat melindungi keuangan kita. Masalah dengan inflasi mempengaruhi biaya hidup dengan menurunkan nilai uang. Terdapat beberapa strategi untuk mengatasi inflasi dalam keuangan, yaitu.

  • Sesuaikan anggaran kita. Karena harga telah meningkat secara keseluruhan, kita mungkin tidak dapat membeli sesuatu sebanyak sebelumnya. Mulai dari mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting penting. Bahkan ketika menyangkut hal-hal penting, tetap perlu menyesuaikan pilihan pengeluaran dan memilih produk yang lebih murah agar dapat membantu dalam menyesuaikan lebih banyak dengan anggaran yang kita punya.
  • Memiliki dana darurat. Dana darurat pada dasarnya adalah uang yang telah disisihkan untuk menutupi kejadian tak terduga dalam hidup. Uang itu akan memungkinkan kita untuk hidup selama beberapa bulan jika kita kebetulan kehilangan pekerjaan atau membayar sesuatu yang tidak terduga yang muncul tanpa harus berhutang.
  • Investasikan tabungan di luar dana darurat. Inflasi dapat mengikis nilai tabungan, terutama dalam jangka waktu yang lama. Berinvestasi dalam aset yang hasilnya diatas tingkat inflasi dapat mencegah uang kita kehilangan nilainya.
  • Membeli produk yang tahan lama. Saat kita ingin membeli barang tahan lama, seperti mesin cuci dan pendingin ruangan, belilah produk berkualitas yang kemungkinan besar tidak perlu diganti atau diservis dalam waktu dekat. Meskipun harga pembelian kita mungkin lebih tinggi, investasi tersebut dapat membuat pengeluaran Anda selama periode kenaikan inflasi dapat lebih terkendali.

Meskipun kita sebagai konsumen mungkin takut dengan inflasi, kita bisa bersiap untuk menghadapinya. Jika kita yakin bahwa inflasi akan meningkat, kita dapat membantu mengurangi dampaknya dengan melakukan pembelian besar sekarang, mengambil utang dalam jumlah yang wajar dengan suku bunga rendah jika memungkinkan, dan mempersiapkan rumah dan keluarga kita untuk menghadapi kenaikan biaya. Kita tidak dapat mengontrol bagaimana inflasi naik dan turun, tetapi Kita dapat mengontrol keputusan keuangan Anda sendiri dan membuat pilihan hari ini yang akan membantu Kita mengelola inflasi besok.

Sumber: Badan Pusat Statistik & Bank Indonesia

Referensi:

Waringin, T. D. (2017, January 23). Tips Mengatur Keuangan Menghadapi Inflasi. detikfinance. https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3402689/tips-mengatur-keuangan-menghadapi-inflasi

(2020, September 18). Kiat Mengelola Keuangan agar Tidak Tergerus Inflasi. KOMPAS.Com. https://biz.kompas.com/read/2020/09/18/192708128/kiat-mengelola-keuangan-agar-tidak-tergerus-inflasi

Nagara, S. (2020, September 30). Personal Finance. pluang.Com. https://pluang.com/id/blog/glossary/personal-finance-adalah

Amd, P. P. (2018, February 5). 15 Faktor Penyebab Inflasi yang Perlu Diketahui. DosenEkonomi.com. https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/faktor-penyebab-inflasi

(2016, September 20). 6 Penyebab Terjadinya Inflasi Dalam Suatu Negara. DosenEkonomi.com. 6 Penyebab Terjadinya Inflasi Dalam Suatu Negara – DosenEkonomi.com

(2021, May 19). 10 Faktor Penyebab Inflasi dalam Perekonomian, Hati-hati Utang Nasional. Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1463727/10-faktor-penyebab-inflasi-dalam-perekonomian-hati-hati-utang-nasional

 

Dibuat oleh: 

  1. Juan Clement Tengono – Entrepreneurship – ALS
  2. Mike Emanue Kusnandar – Entrepreneurship – ALS
  3. Sefanur Lisfahanny – Entrepreneurship – ALS