Jajanan Tradisional jadi Bisnis

Indonesia memiliki banyak jajanan tradisional yang unik dan kaya akan rasa. Jajanan tradisional ini merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia. Biasanya kita bisa menemukan berbagai macam jajanan tradisional ini di pasar-pasar tradisional.

Karena pandemi Covid-19, banyak orang yang tidak bisa berpergian dengan bebas. Akibatnya, banyak orang yang tidak berani berbelanja di pasar tradisional dan memilih untuk berbelanja di e-commerce. Toko-toko yang biasanya berjualan di pasar tradisional juga memilih untuk menutup toko mereka.

Hal ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang bisnis. Kita bisa mulai menjual jajanan tradisional yang pasti dirindukan banyak orang. Apalagi melihat banyaknya jajanan kekinian yang terus menerus bermunculan, kita bisa tetap melestarikan jajanan tradisional dengan cara membangun bisnis jajanan tradisional. Yuk simak beberapa rekomendasi jajanan tradisional yang bisa dijadikan bisnis.

  1. Serabi

Jajanan khas pulau Jawa ini memiliki bentuk seperti pancake tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dan tebal. Serabi biasa disajikan dengan kuah kinca. Kuah kinca ini terbuat dari buah durian. Serabi cocok untuk dijadikan ide bisnis mengimgat banyak juga penggemar durian yang ada di Indonesia.

  1. Klepon

Jajanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi didengar. Klepon terkenal dengan sensasi ledakan gula di dalam mulut. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bola-bola kecil dan diisi dengan gula jawa. Klepon biasanya disajikan dengan banyak parutan kelapa dan diatas daun pisang. Jajanan ini pastinya tidak akan kalah hits dengan jajanan kekinian.

  1. Kue Cucur

Jajanan dari Betawi ini juga bisa dijadikan ide bisnis. Kue Cucur terbuat dari tepung beras dan gula jawa yang digoreng. Kue Cucur bernentuk bulat dan biasanya mengembung di bagian tengahnya dan tipis di bagian pinggirnya.

Beberapa jajanan tradisional diatas pastinya bisa bersaing dengan jajanan kekinian sekarang jika kita bisa kreatif dan berinovasi. Packaging yang menarik juga merupakan hal perlu diperhatikan.

Referensi:

https://bisnismuda.id/read/1716-jane-mitha/berikut-ide-bisnis-dari-kue-tradisional-indonesia

 

Beatrice
Divisi Public Relation Kemanggisan