Berbisnis pada saat Kondisi Corona

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan,seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Virus ini menular melalui percikan dahak (droplet) dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada di ruang peutup  yang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Namun dengan keadaan seperti ini, kita dapat belajar dengan menggunakan media digital. misalnya sebelum adanya corona kita melakukan rapat secara ofsite, sekarang kita tidak perlu hal itu, karena sekarang kita bisa melakukan dengan menggunakan zoom yang tentunya sangat mempermudah kita sebagai pekerja, kita tidak perlu lagi untuk pergi keluar kota dll.

Selain itu, yang paling berdampak adalah start up dan bisnis besar lainnya. Biasanya mereka melakukan promosi tidak sepenuhnya dengan menggunakan online, kini mereka memutar otak untuk mencari solusi agar pemasukan tetap berjalan dengan baik seperti keadaan sebelum corona.

Apa sih yang mereka lakukan saat berbisnis pada saat kondisi corona?

Mereka melakukan yang namanya promosi. Promosi ini dilakukan secara online dengan menggunakan sosia media dan WOM (world of mouth)

Sosial media :

  • Yang pertama adalah instagram. Seperti yang kita ketahui dan alami, kita sedang melakukan WFH. Dengan ketentuan ini, otomatis bisnis dilakukan dengan cara virtual atau online. Dengan begitu untuk tetap dapat melakukan sebuah promosi, diperlukannya untuk melakukan promosi tersebut dengan media social dimana semua orang khususnya anak muda jaman sekarang banyak yang menggunakan hal tersebut untuk melakukan media promosi tertama pada instagram. Instagram adalah salah satu media yang digunakan untuk promosi. Bagaimana cara mereka dalam melakukan promosi? Orang-orang memfollow instagram instagram mereka dimana pada akun instagram ini melakukan strategi promosi dengan melakukan story instagram, dengan begitu mereka akan melihat promosi serta diskon menarik dll. Kemudian, mereka melakukan sebuah promosi untu melakukan repost pada postinyan. Hal ini dilakukan agar ketika mahaiswa tersebut melakukan repost, tentunya followers/teman-temannya akan melihat hasil dari repost yangdilakukannya. Sehingga memungkinkan followers atau teman-temannya penasaran dengan hasil repost yang telah dilakukan, begitu seterusnya yang telah mengikuti instagram bisnis tersebut.
  • Yang kedua adalah tiktok. Saat ini tiktok memiliki grafik pertumbuhan yang cukup tinggi karena anak muda jaman sekarang membuat video tiktok untuk mengisi waktu luang dan menjadi tempat hiburan mereka. Selain itu, orang-orang melakukan strategi penjualan khususnya promosi dengan menggunakan ttiktok. Mereka mempromosikan produk dengan menggunakan video atau konten yang dapat menarik perhatian viewer, sehingg viewer akan mencari tahu tntang produk atau toko yang menjual produk tersebut. Strategi ini sangat ampuh dalam melakukan promosi pada kita sebaga pembisnis karena orang-orang akan melihat produk yang dijualnya, lalu mereka akan mulai penasaran kemudian mereka akan membuka akun instagram mereka, pada akhirnya mereka akan membeli produk yang telah disediakan. Mereka juga membuat video tentang promosi berupa diskon atau voucher yang akan menarik viewer.

Kita sebagai pengusaha perlu untuk kreatif daam melakukan penjualan agar kita dapst mengurangi risiko yang akan terjadi khususnya pada saat ini dan berinovasi dalam membuat suatu ide produk yang dapat menarik perhatian customer sesuai dengan harga dan value yang diberikan, juga sesai dengan target yang ingin kita gapai.

 

Fani Kristiani
Divisi IM Alam Sutera