Trial Member Class I & Induksi Member (13 Januari 2014)

BIIBC (Binus Industrial & Information Business Club) adalah pra-komunitas di BINUS University yang berfokus pada bidang Manajemen – Teknik Industri dan Manajemen – Sistem Informasi yang bersama-sama saling terhubung dan bersinergi untuk menciptakan leader atau pemimpin yang outstanding dan siap untuk terjun ke dunia kerja serta mempersiapkan leader atau pemimpin di masa depan dengan karakter yang unggul.

Visi dari BIIBC adalah “Memfasilitasi mahasiswa BINUS menjadi pribadi yang inovatif, profesional dan bermoral serta memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan Manajemen – Sistem Informasi dan Manajemen – Teknik Industri berskala global”. Adapun misi dari BIIBC itu sendiri salah satunya adalah “Menciptakan anggota yang produktif dan inovatif sehingga dapat bersaing secara global,” dan “Melakukan penelitian dan pengembangan dalam pertumbuhan Industrial Information Business“, sehingga BIIBC melakukan kegiatan Trial Member Class kali ini untuk mendukung misi tersebut.

BIIBC mengadakan berbagai kegiatan baik akademis maupun non-akademis. Salah satunya adalah Member Class. Menurut Director of Education, Gerry Gabriel Wijaya, tujuan  dari diadakan Member Class antara lain adanya pertukaran  informasi antara member dengan narasumber membangun pribadi yang berkompeten. Member Class akan diadakan minimal 1 (satu) kali seminggu, dan untuk beberapa minggu – minggu tertentu akan diadakan sebanyak 2 (dua) kali dalam seminggu.

Saat ini kita akan membahas Trial Member Class khususnya Sharing Knowledge yang pertama kali diadakan oleh Director of Education, Gerry Gabriel Wijaya. Dalam sesi Sharing Knowledge, Director of Education mengundang pembicara yang luar biasa. Kedua pembicara tersebut merupakan mahasiswa BINUS University yang telah menjadi menjadi salah satu Finalis dari GIST (Global Innovation through Science and Technology) dan juga founder dari “Imagi”. Mereka adalah Christian Wirawan (Information System and Management – 2009) dengan Ryan Nixon Salim (Information System and Management – 2009) yang telah menjadi mengikuti kompetisi GIST (Global Innovation through Science and Technology) yang diadakan pada tanggal 13 Januari 2014.

 

Pembicara dari kiri ke kanan (Christian Wirawan, Ryan Nixon Salim) melakukan Sharing Knowledge

 

Member BIIBC pada Member Class 1

GIST inisiatif  membangun ekosistem kewirausahaan di 54 negara di Timur Tengah, Turki, Asia dan Afrika. Dengan mengidentifikasi, pembinaan, dan pendanaan pengusaha teknologi yang paling menjanjikan melalui kompetisi andalannya, layanan akselerasi start up, platform online media sosial dan program bimbingan interaktif. GIST juga memilik partner baik lokal maupun global, antara peneliti, pengusaha serta investor. Dalam hal ini, untuk membuat start up team, dibutuhkan communication skill yang baik, memiliki inovasi yang dapat dipresentasikan, serta teamwork yang dapat menunjang project yang telah dibuat.

Setelah melakukan sesi Sharing Knowledge, kegiatan selanjutnya adalah sesi Induksi Member BIIBC. Tujuan diadakan sesi Induksi Member adalah untuk memperkenalkan organisasi kepada seluruh member yang baru bergabung. Induksi Member juga menjadi wadah networking dengan member yang sudah lama bergabung. Dalam sesi Induksi Member, para member akan memperkenalkan diri di hadapan member lainnya dan saling bertukar informasi dan pengalaman berorganisasi, serta diharapkan dapat bersama-sama membangun BIIBC menjadi organisasi yang sukses dan inovatif baik di kacamata Nasional maupun Internasional.

Member BIIBC memperkenalkan diri pada sesi Induksi Member

Setelah itu, para member BIIBC beserta President, Vice President dan Director dari semua Department BIIBC (biasa disebut Top Level Management) melakukan pertemuan dengan Manager (biasa disebut Middle Level Management) dan Staff (biasa disebut First Level Management) untuk membahas program kerja yang telah dibuat dan didiskusikan bersama. Disini juga, para member BIIBC dilatih kemampuan dan kreativitas sesuai dengan nilai BIIBC yaitu Integrity, Synergy, Caring, Innovation, serta Excellence agar member BIIBC dapat lebih produktif dan meningkatkan softskill dan hardskill dari member BIIBC itu sendiri. Dengan adanya sesi Induksi Member yang pertama kali, President BIIBC beserta jajarannya bersama-sama membangun pra-komunitas ini menjadi organisasi yang lebih baik, berkompeten, serta inovatif sesuai dengan visi misi dari BIIBC.

Member BIIBC berdiskusi mengenai program kerja pertama
Pengurus dan Member BIIBC periode 2013-2014

Profil Narasumber:

Christian Wirawan : http://id.linkedin.com/in/christianwirawan

Ryan Nixon Salim : http://id.linkedin.com/in/ryannixonsalim