Apa itu Aikido?

Waktu baca ±5 menit

 

Sejarah Singkat

Aikido adalah jenis bela diri yang berasal dari negara Jepang yang didirikan oleh Morihei Ueshiba (1883-1969) yang sering dipanggil sebagai “O Sensei”. Aikido berkembang di antara tahun 1920 – 1930 sehingga Aikido menjadi bela diri yang unik dan berbeda dari berbagai jenis bela diri yang lain. Ueshiba Sensei menyatakan bahwa Aikido bukan Teknik bela diri untuk melawan dan merusak musuh, tetapi sebuah bela diri untuk menciptakan damai. Oleh karena itu, Aikido dikenal sebagai teknik bela diri yang merespons terhadap serangan yang bersifat defensif dan tidak agresif.

Aikido terdiri dari tiga huruf kanji, yaitu ai yang berarti menyelaraskan, ki dengan arti energi kehidupan, dan yang bermaksud jalan atau cara. Dengan ini, Aikido memiliki julukan “Memiliki pandangan bersatu dengan energi hidup” atau “Jalan menuju roh keharmonisan” yang berhubungan dengan filsafat dan zen yang dipelajari oleh Ueshiba Sensei dalam perkembangan Aikido di abad ke-20. 

Teknik dan Senjata Aikido

Aikido sendiri memiliki dua teknik utama dalam penerapannya di lapangan, yaitu teknik kunci (Katame waza) dan teknik banting (Nage waza). Kedua teknik tersebut memiliki sifat yang saling melengkapi dan tidak memerlukan kekuatan pengguna, tetapi kekuatan lawan. Oleh karena itu, fleksibilitas dan koordinasi motorik pada tubuh menjadi bagian yang penting dalam teknik Aikido.

Terdapat beberapa perlatan utama yang digunakan dalam Aikido, yang pertama adalah Bokken atau pedang kayu. Secara umum Bokken adalah kayu yang berbentuk pedang yang digunakan sebagai pengganti katana (Pedang Jepang) asli dalam pelatihan Aikido.

Senjata kedua adalah Jo atau tongkat kayu. Jo merupakan tongkat kayu untuk latihan Aikido yang memiliki panjang 128 cm. Tongkat tersebut sering digunakan dalam latihan satu lawan satu dalam pertempuran bersenjata dan tangan kosong lawan Jo.

Sumber gambar (1.1): http://www.institutaikidoindonesia.com/images/MoriheiUeshibaHandsTech.jpg

 

Senjata ketiga adalah Tanto atau pisau kayu. Tanto sering digunakan dalam latihan pertempuran berpasangan Dori dan Tori yang merupakan perlawanan menggunakan tangan kosong terhadap senjata. Alat ini tentunya terbuat dari bahan kayu yang lalu dibentuk sebagai suatu pisau untuk latihan Aikido. 

Sumber gambar (1.2): https://aikido.by/photo/weapons/jo-bokken-tanto.jpg  

Sumber gambar (1.3): https://aikido.by/photo/weapons_2012/aikido_weapons_12.jpg

 

Perlu diingat bahwa Aikido sebenarnya didasarkan oleh ilmu kenjutsu atau pedang, tetapi Aikido lebih diketahui sebagai ilmu taijutusu atau tangan kosong. Oleh karena itu, terdapat berbagai senjata latihan dalam belajar teknik Aikido. Meskipun demikian, kedua ilmu tersebut digunakan dalam pelatihan dan memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk tidak melukai musuh.

 

Organisasi Aikido di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai sekolah dan organisasi yang menjajarkan teknik Aikido, salah satunya adalah Institut Aikido Indonesia (IAI). Didirikan di tahun 1983 oleh salah satu pendirinya Sensei Mansyur, di tahun 2003 IAI melepaskan diri dari YIA dan mendapat pengakuan dari Hombu Aikikai Jepang di tahun 2015 yang merupakan fondasi induk atas perkembangan Aikido di seluruh negara. IAI sampai ini masih aktif dan merupakan organisasi Aikido yang terarah dengan baik di Indonesia.

Selain itu, terdapat berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mengajarkan teknik Aikido di berbagai universitas di Indonesia. Salah satunya adalah Aikido Binus yang merupakan UKM Universitas Bina Nusantara yang berdiri sejak tahun 1994 dengan tujuan memberikan pelajaran dan memfasilitasi mahasiswa yang memiliki minat dalam seni bela diri Jepang, yaitu Aikido.

Dengan ini bisa dikatakan bahwa Aikido memiliki tempat yang spesial dan baik di Indonesia sebagai salah satu jenis bela diri yang unik dan menarik untuk dipelajari.

 

Referensi

BINUS University. (n.d.). UKM Aikido. Retrieved May 17, 2021, from https://student-activity.binus.ac.id/aikido/

Institut Aikido Indonesia. (n.d.). Sejarah Aikido. Retrieved May 17, 2021, from http://www.institutaikidoindonesia.com/index.php

Mokuzaisport. (2018, May 1). 3 Alat Beladiri Aikido yang Wajib Anda Tahu. https://mokuzaisport.com/alat-beladiri-aikido/

SportsRegras. (2018, June 5). Semua Tentang Aikido [ Sejarah, Aturan, … ]. https://sportsregras.com/id/aikido-sejarah-aturan/

 

Adrianus Dennis