AIESEC

Youth Today x JoinAIESEC 2022: #PartneringwithYOUth “Constructing External Relationship Empire as Young Leaders”

Youth Today merupakan sebuah acara webinar yang diselenggarakan oleh Local Committees di bawah naungan AIESEC in Indonesia. Acara Youth Today membawakan tema yang berhubungan dengan kepemimpinan, dengan tujuan memperluas wawasan dan mengembangkan kualitas kepemimpinan anak-anak muda. Dengan mengantarkan topik-topik seputar kepemimpinan, Youth Today diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para anak muda, serta menambahkan pengetahuan mereka, mengenai bagaimana cara memimpin sebuah organisasi atau entitas, dan kemampuan-kemampuan apa saja yang diperlukan oleh seorang pemimpin.

Pada September 2022, AIESEC in BINUS menyelenggarakan Youth Today untuk pertama kalinya. Melalui kolaborasi dengan Join AIESEC, target peserta untuk Youth Today 2022 adalah para mahasiswa BINUS University yang mendaftarkan diri dalam Join AIESEC. Youth Today kali ini membawakan topik tentang kepemimpinan dan kemitraan, dengan tema “Constructing External Relationship Empire as Young Leaders”, dan kampanye “#PartneringwithYOUth”. Melalui tema, topik, dan kampanye yang telah dibawakan, Youth Today tahun ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan anak-anak muda mengenai kualitas-kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin, arti dari membangun kemitraan, dan bagaimana mereka dapat mengimplementasikan jiwa kepemimpinan mereka dalam membangun relasi eksternal yang baik, demi keberlanjutan organisasi yang dipimpin mereka. Selain itu, dengan kolaborasi dengan Join AIESEC, Youth Today juga bertujuan memberikan para peserta pengetahuan lebih dalam mengenai AIESEC, dan AIESEC in BINUS secara khusus.

Acara Youth Today 2022 diawali dengan sesi pembukaan oleh kedua Master of Ceremonies (MC), yaitu Jessie Ellanda Hutomo dan Jesika Kiding, yang terdiri atas pengenalan acara, partner adlibs, dan kata sambutan oleh Organizing Committee President, Deanne Odecia Liviana. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi materi pertama, yang dibawakan oleh Local Committee President AIESEC in BINUS 2022/2023, Sabina Maritza Alva Putri, dengan topik “Story of Us: AIESEC in BINUS”. Topik tersebut berkaitan dengan latar belakang, visi dan misi, program-program, serta perjalanan selanjutnya untuk AIESEC in BINUS.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi materi yang kedua, yaitu “Leadership x Partnership 101” oleh Local Committee Vice President of External Relations and Marketing AIESEC in BINUS 2022/2023, Shannon Lyadi Wijaya, di mana pembicara memaparkan materi seputar arti kepemimpinan dan kemitraan, cara menjalin relasi eksternal, serta bagaimana seorang pemimpin dapat mengasah jiwa kepemimpinan mereka. Kemudian, acara beralih ke sesi tanya jawab dengan pembicara pertama dan kedua dalam bentuk talk show, di mana peserta mengajukan pertanyaan melalui Slido, dan pertanyaan mereka dibacakan oleh MC.

Sesi selanjutnya adalah sesi materi yang dibawakan oleh pembicara ketiga, Julius Daniel Suhakri, seorang Senior Marketing Manager dari perusahaan entertainment global terbesar. Topik yang dibawakan pada sesi ini adalah “How to Implement Our Leadership Skills to Build Successful Partnerships”. Pembicara menjelaskan arti dari menjadi seorang pemimpin, berbagai jenis kemitraan, dan bagaimana anak-anak muda dapat mengimplementasikan kemampuan kepemimpinan mereka dalam membangun relasi eksternal yang berkelanjutan. Kemudian, sesi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, yang dilakukan dengan konsep talk show. Seperti sesi tanya jawab sebelumnya, peserta mengajukan pertanyaan melalui Slido yang kemudian dibacakan oleh MC.

Selanjutnya adalah sesi games Kahoot! yang bertujuan untuk mengasah pengetahuan peserta dari materi-materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Lalu, tiga peserta dengan peringkat tertinggi memenangkan hadiah berupa e-money.

Kemudian, sesi selanjutnya adalah sesi materi oleh pembicara keempat, Vania Natalie, sebagai Local Committee Vice President of Tale​​nt Management AIESEC in BINUS 2022/2023. Pembicara membawakan materi dengan topik “LEAD with Us”. Pada sesi ini, pembicara menjelaskan mengenai cara kerja para pengurus dan anggota AIESEC in BINUS, Personal Development Plan, dan functionals atau departemen-departemen dalam AIESEC in BINUS, agar para peserta Youth Today x Join AIESEC mengenal AIESEC in BINUS lebih dalam, serta termotivasi untuk melanjutkan proses aplikasi mereka.

Setelah itu, terdapat sesi penyampaian informasi oleh Daya Dimensi Indonesia, yang dilanjutkan dengan penutup oleh MC. Sesi penutup terdiri atas promosi media sosial AIESEC in BINUS, partner adlibs, dokumentasi, serta pengisian exit ticket atau absensi oleh peserta.

Secara keseluruhan, Youth Today 2022 “#PartneringwithYOUth: Constructing External Relationship Empire as Young Leaders” berjalan dengan lancar dan hanya terdapat kendala-kendala minor, yang tidak mengganggu keberlangsungan acara. Selain itu, acara Youth Today pertama yang diselenggarakan oleh AIESEC in BINUS mendapatkan masukan yang baik dari para peserta, dan berhasil mencapai tujuan dibawakannya topik, yakni untuk memperluas wawasan para peserta, mengenai kepemimpinan dan kemitraan.