FILOSOFI TINGKATAN SABUK DALAM TAEKWONDO

Kalau kamu dengar teman atau kerabatmu ikutan beladiri, seringkali muncul pertanyaan, “Udah sabuk apa?” Secara umum, masyarakat hanya tahu sabuk putih(yang paling dasar) atau hitam(sudah maksimum, alias paling tinggi). Padahal, tingkatan sabuk di Taekwondo lebih banyak dari itu loh.
Nah, kali ini Taekwondo Binus mau cerita sedikit soal tingkatan sabuk di Taekwondo untuk kalian semua.
Yuk, simak artikel berikut ini.

Putih – Seperti pengertian pada umumnya, putih menggambarkan kemurnian atau kesucian. Pada tingkat ini, para Taekwondoin memulai untuk menempa ilmunya dalam seni beladiri Taekwondo.

Kuning – Taekwondoin pada tingkat ini diibaratkan seperti cahaya pertama dari terbitnya matahari, yang menyinari sebuah bibit. Memberikan kekuatan yang menjadikan bibit tersebut siap untuk berkecambah dan bertumbuh. Dasar-dasar yang kuat ditanamkan pada tingkatan ini.

Hijau – Menggambarkan bibit yang terlihat bertambah tingginya dan bertumbuh ke arah sinar matahari, siap untuk menjadi sebuah tanaman. Sangat terlihat pertumbuhan yang signifikan, mengartikan kekuatan dan semangat Taekwondoin yang terus berkembang.

Biru – Layaknya langit biru yang terbentang luas dan tak terukur tingginya. Yang tadinya bibit, terus bertumbuh sampai tingginya menggapai langit. Menjelaskan bahwa Taekwondoin dengan sabuk biru memiliki kekuatan baik fisik maupun kekuatan mental yang mulai stabil. Selain itu juga Taekwondoin diberikan ilmu tambahan untuk mengembangkannya jauh lebih baik lagi pada masa ini.

Merah – Seperti matahari yang bersinar, menjelaskan bahwa Taekwondoin pada tahapan ini harus belajar untuk lebih berhati-hati dengan kemampuan yang dimilikinya. Mengingat teknik/ilmu dan kemampuan fisiknya yang terus meningkat.

Hitam – Diibaratkan seperti kegelapan yang menyelimuti matahari. Seorang Taekwondoin melihat beladiri sebagai seni, dimana dirinya memulai untuk mengajar satu sama lainnya. Menabur benih baru, melahirkan generasi Taekwondoin baru.

 

Sekian nih cerita singkat mengenai warna sabuk yang ada di Taekwondo. Buat kamu (khusus Binusian) yang masih penasaran sama Taekwondo, kepo sama latihannya gimana, apalagi mau belajar nendang. Yuk langsung daftar di Taekwondo Binus. ☺

References:
http://www.barrel.net/pics/belts.jpg
https://win.wisc.edu/organization/tkduw/news/details/16387
http://www.itatkd.com/beltcolors.html