Pesona Danau di atas Gunung

Gunung menyimpan banyak keindahan pemandangannya. Banyak yang bisa disuguhkan gunung bila kita mendaki. Contoh pemandangan yang umum kita temui adalah lautan awan yang indah, langit penuh bintang di malam hari yang sulit kita temui di daerah perkotaan, hamparan sabana yang luas, sunset dan sunrise yang sangat terasa berbeda jika dinikmati di gunung, bunga edelwais yang hanya bisa tumbuh di ketinggian, dan yang jarang dan mungkin jarang orang ketahui adalah danau yang terletak di atas gunung.

Pesona danau di atas gunung memberikan pengalaman yang berbeda, bahkan jauh lebih indah dari biasanya. Bayangkan betapa indahnya pemandangan di atas gunung beserta danau sekaligus. Pasti menjadikan pengalaman yang spesial bisa menikmati keduanya sekaligus. Di Indonesia sendiri, beberapa gunung memiliki danau di atasnya, bagi teman-teman yang tertarik untuk melihatnya, berikut akan kami berikan list beberapa danau yang ada di atas gunung.

1. Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru
Mungkin Danau Ranu Kumbolo menjadi salah satu contoh yang paling umum karena meledaknya film 5cm pada masanya. Keindahan Danau Ranu Kumbolo di tampilkan pada film 5cm yang menjadi tambahan daya tarik pendaki yang ingin pergi ke Gunung Semeru. Umumnya pendaki yang sudah pernah atau sering ke Gunung Semeru sudah tidak lagi mengincar puncaknya melainkan Danau Ranu Kumbolo.

Pemandangan camping sambil menikmati indahnya Danau Ranu Kumbolo menjadi daya tarik pendaki untuk kembali ke Gunung semeru selain Puncak Mahameru itu sendiri. Umumnya Danau Ranu Kumbolo ini menjadi spot terfavorit pendaki untuk mendirikan tenda sambil menikmati sore Gunung Semeru. Namun, perlu diingat bahwa kita tidak boleh berenang di Danau ini demi menjaga kebersihan serta keindahan danaunya.

2. Danau Taman Hidup, Gunung Argopuro
Selanjutnya ada Danau taman hidup yang terletak di Gunung Argopuro. Argopuro memiliki banyak cerita yang beredar serta memiliki banyak versi yang berbeda. Seperti Puncak Rengganis yang konon katanya merupakan tempat pelarian Dewi Rengganis pada jaman majapahit. Danau Taman Hidup juga konon katanya menjadi tempat favorit Dewi Rengganis.

Tak heran tempat ini sudah menjadi favorit bahkan sejak zaman dahulu. Tempat ini juga menjadi tempat favorit para pendaki untuk beristirahat. Tak hanya keindahan danau yang disuguhkan tetapi juga ekosistem hewan di dalamnya. Tak jarang kita akan menemui babi hutan, kancil ataupun rusa.

3. Danau Sagara Anak, Gunung Rinjani
Banyak yang bilang bahwa gunung terindah adalah Gunung Rinjani. Mungkin tak banyak yang membantah, karena memang gunung ini menampilkan keindahan yang tak ada habisnya, mau ditempuh dari jalur manapun. Jika melewati sembalun kita disuguhkan hamparan sabana yang sangat indah, jika melewati torean, kita akan melihat punggungan gunung yang terasa seperti di luar negri indahnya.

Yang tak kalah spesial adalah Danau Sagara Anak yang mempesona di ketinggian 2010mdpl. Pemandangan menyeluruh danau ini bisa dilihat dari puncak Gunung Rinjani. Tak hanya puncak, Jika anda mendaki melalui sembalun, anda bisa melihat keindahan danau ini dari atas, yaitu pelawangan sembalun. Yang unik di danau ini adalah kita bisa memancing di sana, karena memang pemerintah setempat membudidayakan ikan di Danau Sagara Anak. Jadi tak heran jika melihat pendaki membawa pancingan jika mendaki di Rinjani.

4. Danau Habema, Pegunungan Jayawijaya
Danau dengan predikat tertinggi di Indonesia karena ketinggiannya yang mencapai ketinggian 3225mdpl. Danau yang terletak di Pegunungan Jayawijaya ini memiliki jarak 48 km dari Wamena. Di danau ini kamu juga bisa melihat keindahan Puncak Wilhemina atau Puncak Trikora yang merupakan tempat dari salju abadi atau salju terakhir di Indonesia berada.

Source :
– https://www.liputan6.com/hot/read/3951285/6-danau-terindah-indonesia-yang-lokasinya-di-atas-ketinggian-ada-yang-di-puncak-gunung?page=6

– https://superlive.id/superadventure/artikel/wilderness/5-danau-di-atas-gunung-indonesia-yang-punya-keindahan-luar-biasa