Movie Review: In the Heights (2021)

Hai, Manis! Kali ini Minis akan membahas mengenai sebuah film musical yang dirilis pada tahun 2021 lalu, yaitu In the Heights. In the Heights, yang diadaptasi dari judul musical yang sama, bercerita tentang bagaimana masyarakat minoritas yang tinggal di daerah “kumuh” bernama Washington Heights mempunyai mimpi, cita-cita, dan permasalahan mereka masing-masing. Walaupun pemeran utama dari cerita ini adalah Usnavi de la Vega, film ini juga berhasil menggambarkan mimpi dan permasalahan hidup yang ada di Washington Heights, seperti Vanessa yang ingin melanjutkan karier di kota dan keluar dari lingkungan tempat tinggalnya, serta Nina Rosario yang merasa tidak berhasil melanjutkan studinya.

Film ini disutradarai oleh seorang Jon M. Chu, yaitu sutradara yang sama dengan sutradara yang berhasil menggarap film Crazy Rich Asians (2018). Selain itu, sang produser musik dan penulis musical In the Heights, yaitu Lin-Manuel Miranda dan Quiara Alegría Hudes, terjun langsung untuk membantu Jon agar berhasil memproduksi film ini sampai ke detilnya. Para pemeran dari film ini juga bisa dibilang sudah sangat berpengalaman dalam bidangnya, mulai dari Anthony Ramos, Stephanie Beatriz, Leslie Grace, Corey Hawkins, sampai dengan Christopher Jackson, Olga Merediz, dan Lin-Manuel Miranda yang juga berperan dalam musical asli In the Heights yang dirilis pada tahun 2005.

Menurut Minis, kisah yang diangkat oleh film ini sangat menginspirasi. Film ini menekankan bahwa setiap orang boleh mempunyai mimpi dan cita-cita mereka masing-masing, tanpa memandang latar belakang dan perbedaan yang ada. Selain itu, film ini juga mampu menggambarkan bagaimana rasa kekeluargaan itu bukan hanya datang dari sekelompok orang yang mempunyai hubungan darah dengan kita, tetapi juga orang-orang yang menyayangi dan mengasihi kita. Selain dari plot atau alur ceritanya, film In the Heights yang dirilis di tengah pandemi COVID-19 ini juga berhasil menghibur para penontonnya di tengah-tengah waktu sulit dengan menyuguhkan visual yang apik dan berwarna.

Gimana, Manis? Jadi semakin tertarik untuk menontonnya, kan?

Referensi:
– https://www.buzzfeed.com/pablovaldivia/jon-m-chu-in-the-heights-interview
– http://www.shorelocalnews.com/lessons-we-can-learn-from-lin-manuel-mirandas-in-the-heights/

Angelica Hana V.