Gen Z Banget, Ini dia Fashion Style yang lagi Nge-Trend di Kalangan Dancer!

Salah satu komponen terpenting dari seorang dancer adalah Fashion. Fashion merupakan pilar pelengkap dalam setiap penampilan dancer. Mau itu grup atau individual, style yang dipakai oleh dancers dapat menampilkan identitas yang ingin disampaikan. Fashion sendiri berkembang begitu pesat. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya influence dari Social Media, seperti TikTok, Instagram, Pinterest, dan lain-lain.

 

Di tahun 2023 ini, beberapa Fashion Style menghipnotis banyak masyarakat. Terutama dancers yang ingin menampilkan flavor baru dalam penampilannya atau dalam kesehariannya saat latihan. Yuk simak beberapa fashion style di bawah ini!

 

 

  1. Acubi Fashion

Source: PINTEREST

 Mungkin beberapa dari kalian masih asing nih dengan nama ‘Acubi’. Acubi sendiri merupakan nama dari fashion brand dari Korea Selatan yang terkenal dengan clothing-nya yang sangat Y2K (2000-an). Karena kesuksesan brand ini, banyak orang menjadikan ‘Acubi’ aesthetic baru untuk menjelaskan style yang dapat kalian lihat diatas.

Walau terinspirasi dari Y2K, Acubi memiliki pengaruh lain yang membuatnya berbeda dari tipe fashion Y2K. Hal itu terfokus pada pemilihan warna yang lebih ‘calm’ dan mengarah kepada ‘earth tone’.

 

Starter Pack: Acubi Fashion

 

Ada beberapa ciri khas dari model style ini. Yang pertama adalah hand warmer yang biasa dipakai saat musim dingin.

Source: PINTEREST

 

Hand warmer menambahkan kesan ‘grunge’ dalam style ini. Selain hand warmer, leg warmer juga menjadi salah-satu ciri khas dari Acubi.

Source: PINTEREST

 

 

Selain itu, perpaduan baju yang eksperimental juga sangat dibutuhkan sebagai fundamental fashion Acubi ini.

 

Source: PINTEREST

 

 

Terakhir, earphone ‘jadul’ yang kini meroket juga merupakan aksesoris Acubi fashion yang ikonik.

Source: PINTEREST

 

Kalau kalian sudah punya pieces of fashion diatas, kalian udah ready untuk pamerin style Acubi kalian!

 

  1. Street Hip-Hop

 

Source: PINTEREST

 

Style satu ini merupakan ‘timeless fashion’ di dunia dancer. Siapa sih yang gak tau style ini? Secara, kebanyakan dancers banyak yang memakai style ini. Walau bukan dancers yang menggeluti genre Hip-Hop, banyak dancers lain menikmati style ini karena nyaman, tetapi tetap trendy.

 

Sebelumnya, kita kupas dulu yuk sejarah fashion Hip-Hop ini!

Genre Hip-Hop sendiri lahir di New York pada akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an yang mana budaya b-boy masih mendominasi genre Hip-Hop itu sendiri. Para dancers Hip-Hop kemudian mulai mempopulerkan baju olahraga, rantai, dan lain-lain sebagai ornamen fashion Hip-Hop.

Saat genre Hip-Hop mulai berkembang, begitu pula dengan style fashion-nya. Perkembangan ini membuat budaya Hip-Hop mengembangkan refleksi dari warisan Afrika dan sentimen nasionalisme kulit hitam secara lirik (lagu) dan estetik. Hal ini diadopsi oleh beberapa Artis Hip-Hop seperti Queen Latifah, KRS-One, Public Enemy dengan penampilan yang beragam dan warna-warna cerah yang diasosiasikan dengan gerakan nasionalis kulit hitam, yaitu merah, kuning, hitam , dan hijau.

Hubungan antara genre Hip-Hop dan dunia fashion memiliki sejarah yang sangat penting. Hal ini dikarenakan Hip-Hop berorientasi dari genre ‘jalanan’ dengan status ‘outsider’ hingga menjadi trendsetter dan obsesi baru dalam dunia fashion.

 

Starter Pack Street Hip-Hop Fashion

 Yang pertama adalah tracksuit. Dalam sejarahnya, tracksuit menjadi salah satu ornamen fashion yang melambangkan genre Hip-Hop di awal 1980-an.

Source: PINTEREST

 

Selanjutnya adalah jersey olahraga yang menjadi tren pada tahun 1990. Banyak yang memakai jersey basket, mau pun baseball, dan lain-lain.

 

Source: PINTEREST

 

Baggy pants menjadi celana ikonik dalam fashion style ini. Celana ini dapat berbentuk dalam baggy jeans atau celana baggy lainnya. Pada zaman itu, orang-orang meng-style baggy pants terbalik.

Source: PINTEREST

 

Sebagai pelengkap, aksesoris seperti chains dan topi baseball merupakan pelengkap dari style Hip-Hop.

 

Source: PINTEREST

 

  1. Ballet Core

Ballet Core menjadi tren yang viral di TikTok dengan lebih dari 400 juta viewers melalui #balletcore. Seperti namanya, style ini terinspirasi dari para ballerina. Sangking populernya tren ini, tidak hanya ballerina yang dapat menggunakan style ini, tetapi non-ballerina pun banyak yang menggunakan style ini untuk kegiatan sehari-hari.

 

Source: PINTEREST

Style ini berkaitan dengan cara berpakaian yang feminim dan soft. Perpaduan warna-warna halus seperti pink pastel, ungu pastel, hijau tosca, dan lain-lain menjadi kunci.

 

Starter Pack Ballet Core

Ballet Flats menjadi salah satu ‘must-wear’ dalam style ini. Sepatu ini menjadi populer seiring dengan naiknya Ballet Core di TikTok. Dengan gayanya yang mirip seperti sepatu balet yang digunakan oleh para ballerina aslinya, serian flats ini dapat spice up looks kamu!

 

Source: PINTEREST

 

Selanjutnya adalah bodysuit yang dilengkapi oleh Wrap Top diatasnya. Bodysuit sendiri merupakan pakaian yang digunakan Ballerina untuk latihan dan perform, bila style ini digunakan untuk daily-look maka gunakanlah Wrap Top diatasnya.

Source: PINTEREST

 

Untuk bawahannya, kalian dapat menggunakan legging atau pun rok feminim.

 

Source: PINTEREST

 

Terakhir, gunakanlah pita untuk aksesoris. Pita tersebut dapat kalian gunakan di rambut seperti tren rambut Jennie BLACKPINK.

Source: PINTEREST

 

 

SOURCE:

https://www.afterglowatx.com/blog/2019/3/26/the-history-of-hip-hop-fashion-how-street-culture-became-fashions-biggest-influence

https://www.vogue.com/article/ballet-inspired-fashion

 

Nasywa Alya Kharasani