Dancer of the Month (August) – Viona Aprillia

Biography: Viona Aprillia

STAMANARA DANCER 2017

DoB – 4 April 1999

Hobby – dance, singing, produce music, fangirling about BTS

Likes – pasta, J-Hope, music

Dislikes – swimming, people who hold grudges

Motto in life – “do what you love, love what you do”

 

Salah satu anggota STAMANARA dari tahun 2017 ini biasa disebut dengan panggilan “Kak Vio” atau “Ci Vio”. Ia cukup terkenal sikap nya yang sangat energetic dan juga bakat menarinya yang sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Tak hanya itu, kakak ini juga merupakan salah seorang DPI organisasi STAMANARA periode 2019, sebagai bendahara regional STAMANARA BINUS Alam Sutera, jadi uang regional dia yang pegang hehehe.

Mungkin ketika kalian melihat fotonya sekilas akan mengira, “Oh nih cewek manis, kayanya anak K-Pop deh”, eits jangan langsung berprasangka, karena meskipun benar dia menari K-Pop genre utamanya adalah Hip-hop! Yup, kalian tidak salah, aliran yang bisa dibilang lumayan susah karena harus memiliki body control yang bagus. Kaget ga hayoo? Visualnya manis tapi ternyata gaya menarinya ga expected. Ya begitulah dunia dance, kalian tidak bisa menilai hanya dari wajah atau bentuk badan, tetapi dari body type ketika individu itu menari.

Nah, karena akan bosan kalau isi artikel ini cuma berupa deskripsi, kita sudah mengadakan sesi interview dengan kakaknya nih untuk mencari tahu kenapa kakaknya terjun ke dalam dunia dance, bisa jadi bucin sama J-Hope, dan pengalamannya selama di organisasi STAMANARA, yuk kita simak jawaban kakaknya!

Q: “Kenapa milih belajar buat dance nih kak?”

A: “Dulu tuh benernya aku ga suka dance, waktu itu dipaksa sampe nangis-nangis gara-gara gamau nari. Tapi akhirnya bisa nemu something yang menggerakkan hati dan jadi bikin lebih tertarik.”

 

Q: “Alasan kakak dance buat apa sih kak?”

A: “Hmm.. Kalo buat aku sih dance aku jadiin sarana untuk relieve stress, self-actualization, dan untuk express my feelings gitu.”

 

Q: “Kak, kan kakak jago bikin koreo nih, biasanya dapet inspirasi dari mana?”

A: “Kalo tentang inspirasi sih aku dapetnya dari nonton video dance. Tapi nonton itu bukan buat langsung ambil gitu, tapi buat aku eksperimen gitu, apa dance style nya cocok sama aku apa ga, terus aku modifikasi supaya bisa cocok sama style aku. Intinya sih ya, kalo mau bikin koreografi harus kreatif dan punya basic yang kuat.”

 

Q: “Kakak udah belajar dance dari kecil kan, pernah ada masa jenuh ga nih kak?”

A: “Pernah, gara-gara waktu itu aku merasa dance ku ga improve. Belum kalo ada tekanan dari luar yang bikin dance ga kerasa fun lagi. Itu bikin aku insecure banget sama progress ku soalnya aku udah gatau mau gimana lagi.”

 

“Wahh, ternyata kakak juga pernah merasa jenuh juga. Semangat terus ya kak! Eman banget nih kak kalo sampe gara-gara jenuh kakak ninggalin dance ☹”

“Okedeh, sekarang kita bahas sisi K-Pop nya kakak deh hehe, kayanya kita juga pada kepo nih kenapa kakak sampe bucin ama J-Hope”

 

Q: “Kak, kenapa dari semua anggota BTS kakak malah nge-stan J-Hope? Kan ada banyak anggota lain yang terkenal kaya Jimin ato RM gitu.”

A: “Jujur ya, awalnya tuh aku gasuka sama J-Hope, gasuka ama BTS juga. Tapi waktu itu pas ‘Dope’ di release kan sempet rame, aku liat dance practicenya. Aku liat J-Hope nari, bagus banget, terus aku mulai ngikutin progress nya BTS, ‘Fire’ ama ‘Blood, Sweat, and Tears’ keluar terus lama-lama otomatis langsung connect gitu, soalnya bisa relate juga. Udah deh semuanya berawal dari fall in love gitu sampe akhirnya bucin haha.”

 

Q: “Kira-kira K-Pop ini berpengaruh ama passion dance nya kakak ga?”

A: “Nope. Aku justru lebih terpengaruh fashion dan beauty mereka. Tapi K-Pop ini sendiri micu aku buat lebih kreatif dan terbuka gitu, soalnya seperti yang kita sering lihat di Indo itu yang cover girlgroup ga sebatas cewek doang, bahkan cowok juga cover SNSD ama Blackpink. Oh ya, selain itu K-Pop juga ngepush performance juga sih supaya bisa lebih out of the box.”

 

“Bener juga kak, soalnya K-Pop kan juga bawa budaya luar masuk Indonesia lagi jadi budaya dance kita pun ikut berkembang juga.”

“Terakhir nih kak, kita mau tanya lebih dalam tentang pengalaman kakak di STAMANARA.”

“Yah, sungguan udah terakhir? Pengen tambah..”

“Haha, lain kali ya kak, soalnya jawaban kaka yang tadi udah lumayan bikin artikelnya panjang.”

“Okedeh.”

 

Q: “Gimana experience kakak setelah masuk STAMANARA?”

A: “Well, STAMANARA good for networking sih in my opinion, terus aku bisa belajar buat berorganisasi juga. Aku bisa tau kalo setiap orang tuh punya karakteristik masing-masing, dan mereka juga punya opini mereka masing-masing. Perkembangan personalku sendiri sih aku jadi lebih bisa control emosi dan lebih mature karena temen-temenku di STAMANARA.”

 

Q: “What’s the most interesting thing that happened selama masuk STAM?”

A: “Dorin! I got a close friend by being in STAMANARA. Dulu awalnya liat Dorin punya kemampuan tapi belum bisa nunjukin full potential gitu jadi aku pengen bantuin dia supaya bisa bloom. Anggota STAM juga bantu aku experience hal-hal baru sih, terus juga bisa belajar dari orang lain.”

Q: “Last one kak, what’s a wish you want to give to STAMANARA?”

A: “Strive to be a better community! ‘Teamwork makes the dreamwork’ ini aku tekanin banget soalnya kita emang perlu banget kerjasama.”

 

“Okay thank you banget nih kak udah sediain waktu buat jalanin interviewnya! Semangat kuliah dan dance nya!”

Well, that’s all for this month’s Dancer of the Month, hope you guys enjoyed it!

Sebastiann Nussmann Wetik