Lolosnya Timnas Indonesia U20 Ke Piala Asia

Kabar Gembira untuk masyarakat pecinta sepakbola tanah air, atas berhasilnya Timnas Indonesia U-20 menuju Piala Asia setelah 4 tahun tidak mengikuti turnamen tersebut. Pada edisi terakhir keikutsertaannya Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2018, Indonesia berhasil melaju hingga ke babak delapan besar sebelum dihentikan oleh Jepang dengan skor 2-0.

 

Sejarah terbaik Indonesia berpartisipasi di Piala Asia U-20 terjadi pada tahun 1961 ketika mereka menang bersama Myanmar. Gelar bersama itu didapat setelah laga pamungkas yang berlangsung 2 x 45 menit berakhir imbang tanpa gol.

Berdasarkan hasil ini, gelar liga diberikan kepada Indonesia dan Myanmar ketika Raja Thailand Bhumibol Adulyadej memutuskan untuk mempersembahkan dua pemenang karena pertandingan sepak bola pada saat itu tidak memungkinkan perpanjangan waktu. Pada akhirnya, Indonesia menjadi juara Grup A sedangkan Myanmar juara Grup B.

 

Kemenangan Indonesia 3-2 atas vietnam membuat Indonesia menjadi juara grup dan lolos ke piala Asia 2023 yang diselenggarakan di Uzbekistan, kemenangan ini juga membuat rekor buruk pelatih Indonesia yaitu Shin Tae Yong melawan Vietnam terpatahkan. Ini merupakan kemenangan perdana timnas Indonesia atas tim berjuluk The Golden Star Warriors tersebut.

 

Gol Marcelino Ferdinand di menit ke-60 memastikan tiket ke final Piala Asia U-20 bagi tim besutan Shin Tae-young. Gol-gol tersebut merupakan gol penentu dari Muhammad Ferrari di menit 81 dan Rabbani Tasnim di menit 85. Dua gol Vietnam tercipta dari gol bunuh diri Ferrari pada menit ke-65 dan Dinh Xuan Tien menit ke-78.

 

Timnas U-19 Indonesia mengalahkan Vietnam di Stadion Gelora Bung Tomo pada Minggu (18 September) untuk memecahkan rekor buruk STY terhadap Vietnam. Hasil 3-2 merupakan kemenangan pertama STY melawan Vietnam sebagai pelatih timnas Indonesia.

 

Sebelum itu, tidak ada pelatih Korea Selatan yang memenangkan kelompok usia campuran melawan Vietnam untuk tim nasional Indonesia. Timnas Indonesia dikabarkan gagal memenangkan empat laga melawan Vietnam setelah dilatih oleh Shin Tae-yong.

 

Lolos nya garuda muda di fase grup meraih skor yang sempurna yaitu dengan mendapatkan 9 poin dalam 3 pertandingan, tim asuhan Shin Tae Yong ini mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-0, mengalahkan Hongkong dengan skor 5-1, dan mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. 

 

Namun garuda muda tidak boleh berpuas diri karena harus bersiap-siap untuk menghadapi Piala Asia u20 di Uzbekistan yang akan dimulai pada 1 Maret 2023. Garuda muda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi negara lain yang sudah menjadi langganan peserta Piala Asia u20, seperti Iran, Jepang, serta sang juara bertahan Korea Selatan.

 

Oleh karena itu skuad Garuda Muda harus berlatih dengan ekstra dan melakukan evaluasi dari pertandingan sebelumnya. Untuk mempersiapkan performa yang terbaik di Piala Asia u20, memberikan hasil yang terbaik dan membawa juara untuk Indonesia. 

 

Patut dinantikan kiprah sang garuda muda pada kancah Asia setelah sebelumnya timnas Indonesia muda baru bisa berbicara banyak di kawasan Asia Tenggara. Menjadi satu-satunya juara grup yang berasal dari Asia Tenggara serta mengalahkan Vietnam yang merupakan salah satu negara terkuat di Asia Tenggara tentunya membangkitkan harapan masyarakat akan bangkitnya timnas Indonesia di Asia.