Asupan Favorit Para Pemain Sepakbola Dunia yang Jarang Kita Ketahui

Berbicara mengenai kebutuhan nutrisi, sejatinya baik atlet sepak bola maupun bukan atlet memerlukan asupan nutrisi yang sama untuk menunjang performa tubuh. Asupan nutrisi tersebut mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral, dan harus seimbang. Rincian gizi yang seimbang kira-kira sebagai berikut:

  • Kalori: 60 – 70%
  • Karbohidrat: 10 – 15%
  • Protein 20 – 25%
  • Lemak
  • Vitamin
  • Mineral
  • Air

 

Untuk seorang pemain bola membutuhkan kadar nutrisi yang lebih untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh sebelum, saat, dan setelah pertandingan. Idealnya, pemain bola membutuhkan 4500 kalori per hari. Oleh sebab itu, menu makanan pemain sepak bola tentu saja memiliki kekhususan, baik dari jenis makanan maupun porsinya.

Pemain pertama yang akan kita bahas tentang menu makanan favoritnya yaitu, Cristiano Ronaldo. Sebagai pemain bola profesional, Cristiano Ronaldo ternyata memiliki menu makanan khusus yang menjadikan dirinya senantiasa tampil bugar dan penuh stamina. Ronaldo meyebut kalau dirinya suka mengonsumsi buah-buahan, sayur, gandum, dan protein yang tidak mengandung lemak.

Untuk menu sarapan, pemain timnas Portugal ini memilih mengonsumsi daging ham, croissants, yogurt, dan buah alpukat. Sementara untuk menu makan siang, Ronaldo biasanya mengonsumsi makanan berbahan dasar ikan, seperti Bacalhau yang tak lain adalah makanan khas negara asalnya, Portugal. Bacalhau terdiri ikan cod, kentang, bawang, dan telur. Ikan tuna dan steak daging dipilih oleh mantan pemain Real Madrid tersebut sebagai menu santap malam. Sedangkan untuk camilan, Ronaldo biasa mengonsumsi roti gandum dan ikan sarden.

Menu-menu tersebut secara rutin dan disiplin dikonsumsi oleh Ronaldo. Ia juga mengatakan bahwa acap kali makan dengan porsi sedikit namun dengan kuantitas banyak, yakni 6 kali dalam sehari. Ini dimaksudkan agar ia tetap berada pada kondisi fit selama menjalani latihan.

Selanjutnya pemain sepakbola yang akan kit acari tahu mengenai menu makanan favoritnya yaitu, Lionel Messi. Seorang Lionel Messi ternyata sangat anti terhadap makanan seperti roti, pasta, dan permen. Selain itu, Messi juga jarang memakan daging-dagingan. Menu makanan peraih Ballon d’Or sebanyak empat kali tersebut meliputi ikan, sayur-sayuran, dan minyak zaitun.

Jikalau Messi ingin mengonsumsi daging, dia lebih memilih daging ayam dibandingkan dengan daging sapi atau babi, oleh karena daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi namun rendah kolesterol.

Lalu yang terakhir yaitu Zlatan Ibrahimovic, meski sudah berusia kepala empat, Ibrahimovic masih aktif bermain di salah satu liga top eropa, performa prima yang dia tunjukan tidak lepas dari menu makanan yang ia konsumsi sehari-harinya. Zlatan diketahui sangat menyukai daging putih dan sayur-sayuran sebagai menu favoritnya sehari-hari, selain itu dia juga sering memakan delapan biji almond yang kaya akan magnesium dan lemak baik setiap harinya.

Itulah beberapa menu makanan favorit pemain sepakbola top Eropa, kalian yang gemar berolahraga dan bermain sepakbola tentunya wajib mencoba menu favorit pemain sepakbola top Eropa tersebut, karena kalian akan merasakan khasiat dari menu makanan yang sehat tersebut dan akan menunjang performa kalian saat berolahraga. Selamat mencoba!