Pemahaman dan Strategi yang Baik Dalam Sepak Bola

Sepakbola adalah Cabang Olahraga yang sangat popular di dunia, hampir semua orang dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai olahraga sepakbola. Memasuki abad 21,Olahraga sepakbola telah dimainkan lebih dari 250 juta orang dari 200 Negara. Sepakbola dimainkan dilapangan rumput terbuka yang berbentuk persegi panjang .Tujuan dari bermain sepakbola yaitu memasukan bola sebanyak-banyaknya kedalam gawang lawan. Tetapi untuk memasukan bola kedalam gawang lawan tentunya tidak semudah itu. Bermain sepakbola harus memiliki strategi dan pemahaman yang baik agar tim kita menang dan dapat memasukan bola kedalam gawang lawan sebanyak banyaknya. Berikut adalah strategi yang baik dalam bermain sepak bola:

STRATEGI

Strategi dalam sepak bola yaitu suatu siasat yang direncanakan dalam tim untuk dimainkan di pertandingan nanti.Strategi biasanya di rancang langsung oleh pelatih untuk menjalankan suatu rencana agar tim kita dapat memenangkan pertandingan secara baik dan sportif

  • Strategi Menyerang:

Strategi menyerang dilakukan oleh pemain dalam tim yang berguna untuk mengacak acak pertahanan lawan dan mencetak gol sebanyak banyaknya kedalam gawang lawan.

  • Strategi Bertahan:

Dalam sepakbola kita tidak hanya mencetak gol kedalam gawang lawan sebanyak banyaknya saja,tetapi kita juga harus mempertahankan gawang kita agar tidak dapat dicetak oleh tim lawan, biasanya yang bertugas memimpin pertahanan tim yaitu yang berposisi sebagai pemain bertahan. Dalam strategi bertahan ada 2 contoh yaitu pertahanan zona marking dan pertahanan union marking.

TAKTIK

Taktik adalah hal yang tidak sama dengan strategi, meskipun terbilang cukup mirip sebenarnya taktik adalah cara bermain tim dalam melakukan proses permainan dalam menjalankan pertandingan. Biasanya taktik tidak hanya dilakukan oleh secara tim tetapi taktik juga dapat dilakukan secara individu. Banyak pemain sepak bola yang sering melakukan taktik individu seperti contohnya Neymar dan Ronaldinho.

Berdasarkan jenisnya, taktik dibedakan menjadi berikut ini:

  • Taktik perorangan, siasat yang dilakukan seorang pemain.
  • Taktik beregu, siasat yang dilakukan beberapa pemain.
  • Taktik tim, siasat yang dilakukan secara kolektif oleh pemain dalam satu tim.
  • Taktik penyerangan, usaha untuk memenangkan pertandingan secara ofensif.
  • Taktik beregu, usaha untuk menghindari kekalahan dengan cara defensive.