Medali Perunggu SEA Games 2022 diraih Timnas U-23 Indonesia

Southeast Asian Games atau yang lebih dikenal dengan sebutan SEA Games merupakan sebuah pesta olahraga antar negara di seluruh Asia Tenggara. Pesta olahraga ini merupakan pesta olahraga yang diikuti oleh 11 negara yang tergolong ke dalam bagian Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Timor Leste, Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, Kamboja, dan Laos. Perayaan pesta olahraga ini diselenggarakan di berbagai negara Asia Tenggara secara bergantian setiap pelaksanaannya dalam jangka waktu dua tahun sekali (Riefky dan Pramesti, 2020). Seperti contohnya, pada tahun 2011 lalu, Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games. Tetapi, pada tahun 2022, SEA Games diselenggarakan di negara Vietnam. Pada SEA Games kali ini, terdapat berbagai jenis cabang olahraga yang dilombakan, salah satunya adalah sepak bola. Tentunya, Indonesia ikut berpartisipasi pada setiap cabang lomba yang diadakan.

Perlombaan cabang olahraga sepak bola berlangsung selama kurang lebih 17 hari, yang dimulai sejak tanggal 6 Mei 2022 hingga 22 Mei 2022. Perlombaan olahraga sepak bola pada SEA Games, diikuti oleh timnas U-23 Indonesia yang terdiri dari berbagai kalangan. Timnas U-23 Indonesia terdiri dari 20 pemain yang dirilis oleh kepala pelatih tim nasional Indonesia, yaitu Shin Tae-yong. Pada permainan kali ini, kepala pelatih tim nasional Indonesia melibatkan beberapa pemain senior untuk ikut bertanding pada SEA Games, yaitu March Klok, Ricky Kambuaya, dan Fachruddin Aryanto. Tidak hanya itu, juru taktik timnas ini juga melibatkan beberapa pemain yang berasal dari luar negeri, seperti Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, Elkan Baggot, dan Egy Maulana. Pelatih asal Korea tersebut memanfaatkan peluang sekecil apapun dan menciptakan taktik yang sedemikian rinci untuk membawa timnas Indonesia meraih kejuaraan pada SEA Games tahun ini. Selain keterlibatan para pemain senior pada timnas Indonesia, pelatih Shin Tae-yong juga memberikan kesempatan bagi beberapa junior untuk melakukan pertandingan debut pada SEA Games ini. Pemain debutan tersebut antara lain adalah Marselino Ferdinan, Rio Fahmi, Muhammad Ridwan, dan Ronaldo Joybera (Fadli, 2022).

 

Gambar 1. Timnas U-23 Indonesia SEA Games 2022

 

Di awal fase grup SEA Games timnas Indonesia Berhadapan dengan tuan rumah Vietnam, Pasukan Merah Putih harus berlapang dada menelan hasil minor. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan takluk 0–3 dari Skuad Vietnam dalam laga yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam.Setelah kalah dari Vietnam, Indonesia berbenah. Hasilnya Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan sukses menyapu bersih dua laga selanjutnya. Indonesia mencukur Timor Leste 4-1 di laga kedua. Kemudian pada Jumat (13/5/2022), timnas Indonesia U-23 menang lagi atas kuda hitam Filipina. Garuda Muda mencukur Filipina 4-0 melalui gol-gol dari Muhammad Ridwan (18′), Rizky Ridho (44′), Egy Maulana Vikri (75′), dan penalti pemain muda Marselino Ferdinan (85′). dan mengandaskan Myanmar 3-1. Koleksi sembilan poin membuat Timnas Indonesia U-23 finis sebagai runner-up Grup A.

Finis sebagai runner-up membuat skuad Garuda Muda dipertemukan dengan Thailand racikan Alexandre Polking di semifinal SEA Games 2021. Duel ini menjadi sorotan karena mempertemukan dua tim kuat Asia Tenggara. Saking ketatnya, laga berlanjut ke babak tambahan 2×15 menit setelah skor sama kuat 0-0 di waktu normal 90 menit. Namun, Thailand yang keluar sebagai pemenang.

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih medali perunggu usai mengalahkan Malaysia U-23 (4-3) di babak adu penalti pada laga perebuta peringkat ketiga cabang olahraga (cabor) sepakbola putra SEA Games 2021. Ini merupakan medali perunggu kelima bagi Timnas Indonesia selama mengikuti ajang tersebut.

Referensi:

Riefky, M., & Pramesti, W. (2020). Sentiment Analysis of Southeast Asian Games (SEA Games) in Philippines 2019 Based on Opinion of Internet User of Social Media Twitter with K-Nearest Neighbor and Support Vector Machine. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 17(1), 26-41.

https://tirto.id/jadwal-lengkap-sepak-bola-sea-games-2022-live-timnas-indonesia-grKU