Bagaimana Dan Kenapa Keseimbangan Penting Dalam Berolahraga : Futsal

Didalam dunia olahraga khususnya futsal sendiri,keseimbangan adalah hal yang paling utama yang wajib kita miliki bukan hanya itu saja keseimbangan adalah menurut O’Sullivan dalam bukunya, Physical Rehabilitation, keseimbangan adalah kemampuan untuk menjaga pusat gravitasi seseorang pada bidang penopang, terutama saat berdiri tegak dan berlari.Berikut manfaat dari adanya keseimbangan bagi futsal :

  • Mencegah agar tidak jatuh saat ingin menendang
  • Meningkatkan respon dan koordinasi tubuh
  • Mengurangi cedera pada saat adanya hantaman dari pemain lawan
  • Menunjang kebugaran jasmani
  • Meningkatkan kemampuan gerak tubuh secara keseluruhan secara baik dan benar

 

Sebelumnya kita sudah mengetahui kenapa keseimbangan penting dalam berolahraga khususnya dalam olahraga futsal. Dan pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya melatih keseimbangan? Diketahui ada beberapa cara untuk melatih keseimbangan, yakni melakukan squat, berjalan sambil mengangkat lutut secara bergantian, dan berjalan dengan Gerakan Heel-To-Toe. Beberapa cara berikut dapat membantu kita untuk menjaga keseimbangan lebih lagi sehingga dalam berolahraga dapat memberikan performa yang maksimal.

 

Melakukan squat dapat meningkatkan kekuatan otot pada paha sehingga dapat menjaga keseimbangan lebih lagi, dan juga dapat membuat kita terbiasa ketika dalam posisi tidak seimbang/hampir jatuh sehingga menjadi lebih ahli dalam menjaga balance tubuh.

Gerakan Heel-To-Toe (dr. Vika Damay, 2020) :

  1. Posisikan tubuh berdiri tegak
  2. Letakkan satu tumit kanan di lantai persis di depan jari kaki kiri
  3. Lakukan gerakan berjalan dengan posisi kaki tersebut secara bergantian, kanan dan kiri
  4. Pastikan pandangan tetap ke depan

 

References

  1. Vika Damay. (2020, July 21). Cara Melatih Keseimbangan Tubuh Anda. Retrieved from klikdokter.com website: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3620375/cara-melatih-keseimbangan-tubuh-anda