JENIS-JENIS PELANGGARAN DI DALAM OLAHRAGA FUTSAL

Setiap olahraga memiliki beberapa peraturan yang harus diikut demi menjaga sportifitas di dalam sebuah pertandingan. Peraturan dan pelanggaran tersebut ditentukan oleh seorang wasit dan dua orang hakim garis yang membantu wasit mengambil keputusan. Beberapa peraturan yang harus dipahami sebelum bertanding agar terhindar dari sanksi dilapangan.
Pengertian pelanggaran adalah suatu aktivitas yang dilakukan baik sengaja maupun tidak disengaja tetapi merugikan pihak lawan. Pelanggaran dapat diganjar dengan tendangan bebas langsung ataupun tendangan bebas tidak langsung
1. Pelanggaran akan dihukum dengan tendangan bebas langsung apabila salah seorang pemain lawan melakukan pelanggaran keras dengan disengaja seperti sengaja menendang pemain lawan, memukul lawan, dan sebagainya dengan unsur kesengajaan ataupun dengan tenaga yang berlebihan.

2. Pelanggaran akan dihukum dengan tendangan bebas tidak langsung apabila pemain mengontrol bola dengan tangan di dalam lapangan atau menurut wasit pemain tersebut melakukan pelanggaran dengan tidak disengaja.

3. Pelanggaran dihukum dengan tendangan pinalti apabila pemain melakukan pelanggaran jenis berat ataupun ringan didalam kotak pinalti.

Selain pelanggaran yang diganjar dengan hukuman tendangan bebas maupun tendangan tidak langsung ada juga ganjaran lain yang akan diberikan wasit kepada pemain berupa Kartu yang merupakan sanksi disiplin. Ada 2 jenis kartu yang akan dikeluarkan wasit yaitu
1. Kartu kuning. Sanksi kartu kuning diberikan untuk mengingatkan pemain tersebut tentang kedisiplinan di dalam pertandingan dan apa yang telah dilakukan merupakan perbuatan yang tidak baik dan mendapat peringatan.

2. Kartu merah. Sanksi dari kartu merah adalah pemain harus keluar lapangan dan tidak boleh bermain lagi selama pertandingan berlangsung. Kartu ini diberikan apabila menurut wasit pelanggaran yang dilakukan sudah termasuk dalam katagori tindakan tidak sopan dengan faktor kesengajaan atau dengan tenaga yang berlebihan.

Mengetahui dan memahami dengan benar sanksi dan tujuan pelanggaran merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan pemain untuk menunjukan professionalitasnya. So ayo teman-teman ketahui dan pahami beberapa jenis pelanggaran diatas untuk bisa maju ketinkatan yang lebih baik lagi.

Dinda Prikagustina