TIPS & TRICKS MENJAGA STAMINA SAAT BERMAIN FUTSAL!!!!

atma'

Ditulis oleh : Divisi 2 Humas & Publikasi (Doddy Hasian)

Belum mencetak gol karena sudah lelah saat bermain futsal memang hal yang paling tidak menyenangkan. Padahal kita adalah pemain andalan, atau di tribun sudah ada suporter atau orang tua kita yang menunggu aksi kita di lapangan. Nah, kali ini UKM Sepakbola BINUS bakal membagi tips supaya nanti saat sudah turun lapangan tidak mudah lelah.

  • Latihan fisik

Latihan fisik masih dianggap hal yang cukup ampuh untuk mengontrol stamina agar tetap terjaga. Menunya bisa bermacam-macam sesuai kebutuhan. Misalnya, Berlari sejauh 3 km – 5 km. Selain berlari coba latihan lain seperti squat jump. Latihan lompat dan jongkok secara rutin dapat memperkuat otot kaki agar lebih kokoh.

  • Berenang

Berenang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengontrol pernafasan. Mengontrol pernafasan adalah hal yang sangat penting untuk menjaga stamina. Berenang juga bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk menunjang stamina saat bermain futsal.

  • Melatih Kelincahan

Bermain futsal sangat membutuhkan kelincahan. Disana juga membutuhkan tenaga yang banyak agar kita lincah. Cobalah berlatih memakai agility rings dan ladder. Lakukan latihan tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sepekan.

  • Saat Bermain Usahakan Untuk Menyerang

Efektif! Futsal bakal memaksa kita untuk berlari kencang, melakukan gerakan cepat, dan reflek yang bagus. Nah, agar tidak mudah lelah, gunakan setiap gerakan saat bermain futsal untuk menyerang. Hal itu cukup efektif daripada kita hanya mondar-mandir tanpa tujuan yang jelas.

  • Beristirahat Yang Cukup

Terlalu banyak latihan juga tidak baik kalau tidak ada istirahatnya. Buatlah jadwal yang pas dengan kegiatan. Bagi waktu antara latihan, sekolah, dan beristirahat yang cukup. Kurangi begadang, lebih baik digunakan untuk tidur sehingga tenaga dapat terkumpul kembali. Memang terlihat mudah dan simple, tapi kalau tidak dilakukan kita tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, cobalah fokus dan serius dengan setiap gerakan, supaya tidak terbuang percuma. Karena futsal tidak hanya main otot tapi juga otak.

 

Doddy Hasian