Christian Leadership & Discipleship Course 2020

Pada 23 - 25 April 2020, PO BINUS University tetap mengadakan kegiatan 
Christian Leadership & Discipleship Course 
yang dilakukan secara online melalui Microsoft Teams untuk para Calon Aktivis PO BINUS

 

LDK-A (Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis) merupakan program yang diwajibkan oleh SCAC (Student Club & Activity Center) selaku pemantau dan penasihat untuk HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang berada di lingkungan BINUS University guna mempersiapkan dan melatih para calon aktivis baru sebelum ikut terjun mengambil bagian dalam mengelola organisasi kemahasiswaan yang dipilih oleh mahasiswa.

Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di BINUS University, Persekutuan Oikoumene BINUS University juga memiliki kewajiban tersebut dalam melatih kepemimpinan dan mempersiapkan para calon aktivis melalui LDK-A yang dikenal oleh PO BINUS dengan nama CLDC (Christian Leadership & Discipleship Course).

Mengikuti kondisi akan pandemic yang sedang terjadi, CLDC yang biasanya dilakukan secara tatap muka di suatu lokasi tertentu diarahkan oleh SCAC untuk pertama kalinya dilakukan secara online menggunakan platform komunikasi video conference “Microsoft Teams”. Kegiatan online CLDC ini sendiri dilakukan selama 3 hari yang dibagi menjadi 3 sesi yaitu :

Kamis, 23 April 2020

  • Perkenalan Persekutuan Oikoumene BINUS University 
    – Sejarah PO BINUS
    – Visi & Misi PO BINUS
    – Struktur Organisasi
    – Pengurus Tahun 2020
    – Deskripsi Tugas Pengurus
    – Presentasi Pembuatan Proposal

Jumat, 24 April 2020

  • Penjelasan 7 Keunikan PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen)
    – Identitas dan Peran PO BINUS Sebagai Persekutuan & Organisasi
    – Visi & Misi PMK
    – Student Movement
    – Interdenominational Movement
    – Bible Movement
    – Prayer Movement
    – Evangelism Movement
    – Discipleship Movement
    – Mission Movement

Sabtu, 25 April 2020

  • Pembawaan materi Leadership
    – A Leader ?
    – Challenges of Leadership
    – Kepemimpinan Kristen
    – God’s Calling, Response & Strategy
    – Kualitas Eksklusif Pemimpin Kristen
    – Pelayan yang Memimpin

 

Sesi perkenalan Persekutuan Oikoumene BINUS University dibawakan oleh DC (Daily Coordinator) selaku pengurus harian inti dari PO BINUS yang secara keseluruhan membahas mengenai visi – misi dan sistem yang dijalankan PO BINUS saat ini, dan kemudian dilanjutkan dengan materi 7 keunikan PMK pada hari ke-2 yang dibawakan oleh Aunike Maylani, S.T. (Keke) selaku alumni PO, Binusian 2017. Materi ini menjelaskan mengenai identitas dan peran PO BINUS sebagai salah satu PMK di Indonesia beserta 7 keunikan dalam kegerakannya dibadingkan komunitas/organisasi lain. Sesi ke-3 dari CLDC kemudian dibawakan oleh Nikolaus Permana Tri Rahmanto (Niko), Binusian 2019, yang membawakan materi Leadership. Mereferensikan buku “Jadilah Pemimpin Demi Kristus” yang diterbitkan oleh Literatur Perkantas, Niko membukakan kepada para calon aktivis mengenai pentingnya meresponi panggilan Allah dalam menjadi pemimpin serta bagaimana seorang pemimpin harus memiliki strategi perencanaan dalam doa pada Allah. Niko juga tak ketinggalan membagikan mengenai tantangan yang akan dihadapi dan sikap/kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin yang berjalan bersama Kristus. Setiap sesi yang dijalankan kemudian diakhiri dengan QnA terbuka yang memberikan kesempatan kepada calon aktivis yang ingin mengajukan pertanyaan.

Meski CLDC PO BINUS tahun ini harus dijalankan secara online di rumah masing-masing, para calon aktivis tetap antusias dan menghadiri serangkaian acara yang pengurus telah siapkan bagi mereka. Sebanyak 46 mahasiswa yang telah mengikuti Christian Leadership & Discipleship Course 2020 kini telah resmi menjadi aktivis Persekutuan Oikoumene BINUS University.

Percaya bahwa Tuhan yang berencana dan bahwa Tuhan yang boleh memberikan hati dan kerinduan kepada para aktivis untuk ikut serta memberikan diri melayani dan aktif sebagai aktivis PO BINUS.
Bagi para aktivis baru PO BINUS, selamat bergabung sebagai satu keluarga didalam Allah ya!

 


 

 

 

 

 

 

Christopher Sean Gavriel