Natsu Ga Kita Yo! Simak Anisong Competition di Natsu no Koe

Konnichiwa mina-san, bagaimana kabar kalian semua? Semoga semuanya masih sehat dan semangat ya, walaupun sudah melewati tengah tahun 2023. Tidak terasa waktu sudah berlalu cepat dan banyak kegiatan lewat begitu saja. Tentunya kita semua merasakan kelelahan dari berbagai pekerjaan dan ingin mencari sedikit istirahat dengan aktivitas hiburan. Nah, ada kabar baik di akhir bulan Juli ini, yaitu ImpactnationNippon Club sudah bekerja sama dengan Impactnation di tahun ini untuk menghadirkan acara dengan judul Natsu no Koe dan di dalamnya ada Anisong Competition yang akan kita bahas saat ini.

Sebelum itu, mari kita berkenalan dengan Impactnation dan Natsu no Koe. Impactnation adalah event kebudayaan Jepang yang bersifat tradisional, seperti kabaret samurai, taiko, dan yosakoi, serta modern, seperti pop idol, anime, games, dan lainnya. Tahun ini, Impactnation akan mengadakan acaranya pada tanggal 29-30 Juli di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. Sama seperti tahun lalu, Nippon Club bekerja sama dengan Impactnation membawakan event yang berjudul Natsu no Koe. Natsu no Koe, sesuai dengan artinya dalam bahasa Jepang, adalah event yang merayakan musim panas.

Salah satu kegiatan yang dihadirkan di Natsu no Koe adalah Anisong Competitionlomba menyanyikan lagu seperti opening, ending, maupun official soundtrack dari sebuah anime, baik itu serial maupun dari anime yang mempunyai film sendiri. Bersesuaian dengan kata “Natsu (夏)” dari bahasa Jepang yang berarti “musim panas”, lagu-lagu yang dibawakan harus bertemakan summer atau musim panas. Kompetisi ini diadakan nanti di Nagoya Stage, Istora Gelora Bung Karno pada tanggal 29 Juli 2023, pukul 11.00. Pendaftaran untuk lomba ini terbatas dan dapat diikuti secara individu atau dalam grup berisikan dua orang sampai dengan tiga orang. Para peserta akan dinilai dari teknik vokal mereka, aspek performance dan kostum, serta pelafalan dan tema musik pilihan mereka. Sama seperti lomba-lomba lainnya, tiga pemenang yang sudah dipilih dapat memenangkan hadiah dari prize pool sebesar 2,7 juta rupiah dan mendapatkan e-certificate.

Tiga pemenang akan dipilih oleh ketiga juri professional yang sudah disediakan khusus untuk lomba ini. Juri pertama yang dihadirkan adalah Kak Sergie Vergio, seorang penyanyi asal Jakarta yang sudah ada di scene pop culture Jepang dari tahun 2013. Selain menjuarai ajang kompetisi menyanyi di event-event besar, Kak Sergie sering membintangi stage-stage event, seperti Main Stage Comifuro 16 dan Indonesia Comic Con 2022 sebagai closing performance di Day 2.

Juri kedua adalah seorang komposer musik untuk salah satu J-Banddari Indonesia, yaitu Duta Pi. Kak Duta Pi menjadi komposer untuk lagu-lagu band Hydra bergenre Visual Rock Jepang. Beliau juga sering menjadi vokalis band J-indo dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Juri terakhir adalah Elaine Hartanto, salah satu member dari grup idol JKT48 generasi ke-3. Kak Elaine saat ini terkenal menjadi seorang cosplayer dan idolsolo yang sering tampil di event-event Jepang. Beliau pun juga baru merilis single terbarunya yang berjudul “Khayalan”.

Itulah informasi mengenai Anisong Competition yang hadir nanti di Natsu no Koe saat Impactnation. Mau tunggu apa lagi, Mina-san? Mari daftar ke Anisong Competition Natsu no Koe untuk membuktikan bahwa kamu adalah bintang kejora di langit musim panas ini! Pendaftaran bisa langsung di link ini dan jangan lupa kalau slot pendaftaran terbatas. Ayo, rayakan musim panas ini bersama dengan Nippon Club!

Writer: Mizuki

Editor: Riri, Tio