Sunib Drawing Frontier (SDF) telah mengadakan pameran lukisan pertamanya di BINUS @Malang.

Semangat mahasiswa adalah sesuatu yang kuat dan tidak patut untuk diremehkan. Apalagi jika kita membicarakan tentang hobi mereka. Semangat dalam menjalani hobi tidak hanya membawa kesenangan untuk mereka. Namun juga, menjadi tali erat yang mengikat hubungan mereka dengan teman sehobinya. Inilah yang terjadi pada sekumpulan mahasiswa pada komunitas Sunib Drawing Frontier (SDF).

SDF adalah klub mahasiswa yang ditemukan oleh sekumpulan mahasiswa universitas BINUS @Malang pada tanggal 4 Maret 2023. Pada saat ini, SDF memiliki lebih dari 30 anggota. Para anggota SDF ini, merupakan perkumpulan mahasiswa yang menginginkan lingkungan yang mendukung hobi menggambar mereka di luar jam kuliah. Klub SDF biasanya mengadakan perkumpulan rutin setiap minggunya pada hari Sabtu di ruang SB05 dari jam 09.00-15.00 WIB di mana anggota mereka dapat mengekspresikan ide mereka satu sama lain.

Kisah klub ini bermula ketika lima orang mahasiswa Binus yang sudah lama saling kenal melalui server seni di platform Discord. Suatu hari, mereka memutuskan untuk mengadakan meet up di kampus untuk menggambar bersama. Akhirnya, mereka memutuskan untuk menggunakan perpustakaan untuk melakukan kegiatan mereka.

Seiring dengan bertambahnya peminat, perpustakaan pun tidak cukup untuk membendung kreativitas mereka. Oleh karena itu, mereka mengajukan peminjaman ruangan ke pihak universitas untuk melakukan aktivitas mereka. Ketika jumlah individu yang mengikuti kegiatan mencapai sekitar 20 orang, mereka mendapatkan saran dari kepala program studi School of Designuntuk mendaftarkan diri menjadi sebuah klub. Dengan demikian, lahirlah Sunib Drawing Frontier.

Tentu saja, para anggota SDF tidak hanya menggambar bersama saja saat berkumpul. Mereka juga melakukan aktivitas lain yang meningkatkan pengalaman menggambar jadi makin menarik. Tidak jarang, ada mahasiswa yang tertarik membagikan tips dan pemahaman mengenai skill menggambar melalui workshop atau seminar mini.

Puncak dari kegiatan mereka adalah dengan membuka pameran karya pertama pada tanggal 23 Mei 2023 lalu dengan bantuan salah satu dosen DKV. Pameran ini diadakan di lobby BINUS @Malang dari 23 – 25 Mei 2023. Pameran ini menjadi acara pertama di mana anggota SDF dapat menunjukkan hasil kerja keras dan passion mereka kepada orang dari luar klub SDF.

Tema utama dari pameran pertama ini adalah “Draw for Your Life”, yang berarti “Menggambar Demi Hidupmu”. Tema ini merupakan sebuah pelesetan dari kata “Run for Your Life” yang menggambarkan perasaan yang kuat andaikan hidup kita bergantung pada hal tersebut. Dalam tema ini, hal tersebut yang dimaksud adalah menggambar andaikan hidup kita bergantung pada karya kita. Jadi, jika kita menggambar dengan semangat dan hasrat gairah yang kuat, maka hal tersebut akan terlihat dari hasil karya kita.

Semangat dan gairah ini juga yang menjadi tema dari pameran ini juga bertepatan dengan logo klub SDF sendiri, yaitu api unggun. Api unggun mencerminkan gairah yang kuat bagaikan gejolak api unggun yang menghangatkan hati anggota SDF dan membuat mereka mengejar hobi mereka dengan penuh semangat.

Pameran ini memiliki 32 partisipan dan 40 karya yang dipajang sepanjang dua sketsel. Karya-karya hasil anggota SDF ini bervariasi dari karya original sampai fanartdengan style yang beragam baik anime maupun realistis. Beberapa karya yang dipajang pada pameran ini ada juga yang berupa panel komik webtoon. Masing-masing karya memiliki keunikan tersendiri dan judul karyanya pun memiliki makna yang mencerminkan keunikan tersebut.

Banyak orang yang penasaran dan mengunjungi pameran SDF ini, khususnya pada waktu jam makan siang dan sore ketika banyak kelas yang selesai. Waktu yang ramai ditambah lokasi pameran yang strategis, yaitu di lobby universitas, membuat orang-orang yang lewat menjadi penasaran dan mengunjungi pamerannya.

Pameran ini juga dikunjungi oleh Prof. Harjanto Prabowo, Rektor Universitas Bina Nusantara. Prof. Harjanto mengunjungi pameran ini dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap aktivitas dan prestasi yang dicapai oleh klub SDF dengan pameran pertama ini. Klub SDF pun mengembalikan apresiasi Prof. Harjanto dengan memberikan lukisan Prof. Harjanto yang dibuat oleh anggota SDF.

Pameran pertama SDF ini secara keseluruhan merupakan kesuksesan besar bagi SDF. Berkat diadakannya pameran seni tersebut, nama SDF makin tersebar di Binus Malang. Hal ini bertepatan dengan rencana dan harapan SDF, yakni membuat membangun hubungan dengan komunitas lain agar dapat berkolaborasi ke depannya.

Ig: @sunibdrawingfrontier

Penulis: 59ducks

Editor: Eru