[REVIEW] Aria Series, Anime Slice of Life Unik dan Bermakna

Aloha minna-san, bagaimana nih kabarnya? Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai review anime lagi nih. Anime yang akan kita bahas adalah Aria series. Anime lawas yang baru saja mendapatkan movie pada akhir 2021 lalu. Penasaran bukan? Mari simak terus artikel ini ya!

Aria series adalah serial anime yang terdiri dari tiga musim yaitu, Aria the Animation (2005), Aria the Natural (2006), dan Aria the Origination (2008). Anime tersebut merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama. Semua serial anime ini digarap oleh Hal Film Maker. Selain itu, anime ini juga telah mendapatkan tiga episode spesial yang dirangkap dalam satu movie berjudul Aria the Avvenire (2015). Pada tahun lalu, Aria mendapatkan dua movie dengan judul Aria the Crepuscolodan Aria the Benedizione.

Cerita pada anime ini berupa keseharian dari tokoh utamanya, yaitu Akari Mizunashi. Karakter Akari digambarkan sebagai seseorang yang rendah hati dan suka belajar. Selain itu, Akari bekerja sebagai seorang pengendara perahu wisata di Aria Company di kota yang didiaminya yakni, Neo Venezia. Kota ini terletak di sebuah planet yang bernama Aqua (Mars seperti yang kita kenal saat ini). Kota Neo Venezia digambarkan sebagai sebuah kota apung atau kota yang dikelilingi oleh air. Maka dari itu, moda transportasi pada anime tersebut adalah transportasi laut yang menggunakan sebuah perahu kecil bernama Gondola dengan Undine sebagai pengendaranya.

Setiap hal yang disajikan sangatlah sederhana namun bermakna. Hal tersebutlah yang membuat Aria series cocok ditonton oleh semua orang. Hal-hal sederhana seperti melayani masyarakat, bekerja, dan belajar bersama teman hingga kehidupan di dalam rumah mampu diungkapkan dengan sangat baik. Sehingga memberikan pengalaman tersendiri ketika kita menyaksikannya.

Meskipun terlihat sederhana, Aria series mampu menyajikan pengalaman yang luar biasa. Setiap episode sangat berkesan karena selalu diawali dan diakhiri dengan cara yang sama. Yakni, monolog dari tokoh utama. Selain itu, musik yang mengiringi anime ini nyaman untuk didengar. Hal tersebut dikarenakan soundtrack yang disajikan sangat sesuai dengan latar tempat dan latar suasana pada serial tersebut. Selain itu, lagu pembuka selalu diiringkan dengan kejadian dan dialog pada awal episode. Tentunya hal tersebut juga menjadi keunikan tersendiri untuk serial ini.

Aria series mengajarkan kita bahwa hal yang biasa bisa berubah menjadi luar biasa, menjadikannya sebagai anime slice of life yang tidak biasa. Tunggu apa lagi minna-san? Ayo segera masukkan anime ini ke dalam daftar tontonan kalian! Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Author : Eru

Editor : Nao

Sumber: myanimelist , cauthan (1) , cauthan (2)