Nuzulul Qur’an

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Nuzulul Quran adalah peristiwa yang memiliki banyak keistimewaan serta terdapat banyak hikmah bagi seluruh umat muslim di dunia. Pada saat itu, al-Quran turun ke dunia yang juga bertepatan dengan Lailatul Qadar. Al-Quran diturunkan kepada Rasulullah melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur.

Terdapat banyak dalil yang menunjukkan hal ini, salah satunya yang tertera pada surah al-Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ. البقرة

“Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Mengenai tahapan diturunkannya al-Qur’an, terdapat perbedaan pada sebagian ulama. Namun menurut As-Suyuthi dalam kitabnya al-Itqan fi Ulum, pendapat yang paling shahih dan paling terkenal ialah al-Quran turun secara utuh keseluruhan menuju langit dunia pada saat Lailatul Qadar dan selanjutnya diturunkan oleh Allah secara berangsur-angsur selama masa kenabian sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, bahwa beliau mengatakan,

أنزل القرآن جملة إلى السماء الدنيا ليلة القدر، ثم نزل بعد ذلك في عشرين سنة

“Al-Quran turun secara utuh ke langit dunia pada saat lailatul qadar. Kemudian setelah itu, turun selama 20 tahun.” (HR. Nasai dalam al-Kubro, 11372).

Dalam memperingati Nuzulul Quran yang penuh keistimewaan ini, kita dapat membaca dan mentadaburi al-Quran. Karena al-Quran merupakan anugrah serta petunjuk bagi manusia supaya dapat membedakan yang hak dengan yang batil.

Wallahu a’lam bishshowwab.

MT Al-Khawarizmi!
Satu Salam Beribu Kebaikan!!

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

More Info
Instagram : mt_binus
YouTube: MT BINUS