Keajaiban shalat tahajud untuk kesehatan

1

Sholat tahajud adalah salat tengah malam yang sangat mulia. Banyak sekali manfaat dan keajaiban saat kita menjalankan salat tahajjud. Keajaiban salat tahajjud sudah tidak diragukan lagi bagi kalian yang rutin menjalankan salat tahajjud. Karena itu, sholat tahajud sangat dianjurkan untuk mendapatkan semua keinginan, baik kesehatan, spiritual, sampai keinginan material seperti rezeki.

 

Keajaiban manfaat shalat tahajjud untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat menyembuhkan penyakit kanker. Tahajjud juga mampu menumbuhkan respon ketahanan tubuh (imunologi), khususnya pada imuglobin MGA dan limfositnya yang berupa persepsi serta motivasi positif. Selain itu, sholat tahajud juga dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi.

 

Selama ini, ulama melihat ikhlas dalam sholat tahajud hanya sebagai mental psikis, namun sebetulnya hal ini dapat dibuktikan dengan disiplin kedokteran seiringnya canggihnya teknologi kesehatan. Ikhlas yang selama ini di pandang sebagai misteri dapat dibuktikan secara kuantitatif melalui sekresi hormon kortisol dengan parameter kondisi tubuh pada kondisi normal, jumlah kortisol pada pagi hari antara 38-690 nmol/liter.

Sementara itu, pada malam hari meningkat menjadi 69-345 nmol/liter. Salat tahajjud secara rutin dan disertai perasaan ikhlas secara tidak terpaksa, maka seseorang akan memiliki respon imun yang baik sehingga kemungkinan besar terhindar dari penyakit kanker dan infeksi.

 

Salat tahajjud dilakukan pada malam hari dan sebelum salat tahajjud kita diharuskan untuk tidur lebih dahulu, kenapa demikian? Itulah kekuaaaan allah SWT yang telah diteliti oleh para ilmuwan dan pakar kesehatan, baik ilmuwan dalam negeri maupun luar negeri. Menurut teori pikiran, manusia pada saat bangun tidur di malam hari gelombang otak atau gelombang pikiran masuk pada gelombang alpha dan theta.

 

Dari penelitian ini, manfaat shalat tahajud untuk kesehatan bisa dibuktikan secara empiris menggunakan eksperimen ilmu pengetahuan, bukan lagi sekadar pembuktian secara naqli (dalil Al Quran dan hadis). Kalau dulu, manfaat shalat tahajud sebatas dimaknai secara spiritual untuk mendekatkan diri dan memohon kepada Tuhan, sekarang manfaat shalat merambah ke bidang kesehatan. Subhanallah.

 

“Jika matahari telah terbenam aku gembira karena malam telah tiba. Di saat malam tiba, sebagian besar manusia tidur, terutama pada pertengahan malam. Inilah saatnya saya menghadap Allah melalui shalat tahajud. Pada kesempatan inilah saya berdoa, memohon, dan mencurahkan segala masalah, duka derita, sampai kebahagiaan dan impian-impianku.” Begitu kalimat yang harus saya tulis karena manfaat shalat tahajud sungguh menakjubkan.

 

Setelah membaca artikel keajaiban manfaat shalat tahajud untuk kesehatan tersebut, masihkah kita bergeming dan ragu bangun malam untuk shalat tahajud? Dengan tulisan ini, saya ingin mengajak kepada pembaca untuk membiasakan shalat tahajud karena manfaat shalat tahajud untuk kesehatan sangat banyak. Mari, shalat tahajud!

 

Putra Pamungkas –  Manajemen Binusian 18  dari islamcendekia.com