Iman letaknya dalam Hati sedangkan hati ibaratnya seperti bulu di atas pucuk pohon yang mudah terombang-ambing dan bolak balik.

3

Iman tak ubahnya seperti pohon yang harus senantiasa dirawat, diberi pupuk, dibersihkan skitarnya agar tumbuh dg baik, kokoh dan mampu menghadapi badai angin yg pasti akan menerpanya. Iman letaknya dalam Hati sedangkan hati ibaratnya seperti bulu di atas pucuk pohon yang mudah terombang-ambing  dan bolak balik.

Rasululullah saw bersabda:

إِنَّمَا سُمِّيَ الْقَلْبُ مِنْ تَقَلُّبِهِ إِنَّمَا مَثَلُ الْقَلْبِ كَمَثَلِ رِيشَةٍ مُعَلَّقَةٍ فِي أَصْلِ شَجَرَةٍ يُقَلِّبُهَا الرِّيحُ ظَهْرًا لِبَطْنٍ
“Dinamakan hati karena ia (selalu) berbolak-balik. Perumpamaan hati itu bagaikan bulu yang ada di pucuk pohon yang diombang-ambingkan oleh angin.” (HR. Ahmad).

Adapun upaya-upaya merawat Iman dapat kita lakukan sebagai berikut,

Iringi terus dengan asupan yang baik. 
Ingat…Iman itu butuh makan,vitamin dan asupan lain agar tumbuh, hidup sehat dan kuat, dan asupan yang baik.

ILMU ,ingat…Ilmu adalah pupuk nya Iman, semakin diberikan pupuk dg baik maka Iman ini tumbuh dg baik pula. Dan Ilmu yang cocok adalah Ilmu Al Haq (Tauhiid atau Al Quran dan Assunnah ).

Asupan Makan yang Halalan Thoyyibah. Ingat…saat tubuh kita memasukkan makanan yang tidak baik ini juga bisa merusak kondisi Iman. Allah swt senantiasa mengingatkan kita agar menjaga pola dan asupan makan kita.

 Iltizam atau Komitmen dalam melaksanakan Syariat Islam.

Saat kita berkomitmen dengan melaksanakan perintah2 Allah swt, maka Allah akan teguhkan diri kita dalam kehidupan dunia ini dan juga Akhirat.

Mempelajari kisah-kisah para nabi dan Rasul (khususnya Sirah Nabawiyah dan salafush sholeh ).

Mempelajari kisah dan sejarah itu penting. Apalagi sejarah para Nabi. Ia bahkan bisa menguatkan iman seseorang.

Amalkan terus Dzikir dan Doa dalam stiap keadaan.
Melalaikan dzikir dan doa akan membuat Hati jadi keras dan Iman menjadi lemah.
Siapapun yang ingin mengobati Iman yang lemah maka perbanyaklah dzikir dan doa.

Akrabkan diri dg para ulama dan bergaullah dg orang sholeh serta bersabarlah dgnya.

Sudah kepastian ketika kita dekat dan bergaul dg alim ulama dan orang2 sholeh, diri kita akan terbawa sholeh dan Iman kita terjaga.

Nyalakan selalu Lentera Hati dg memperbanyak Tazkiyah an Nafs dan Riyadhah.
Hati yang merupakan tempatnya Iman, bila terus dibersihkan dari segala noda dan dosa akan memancarkan cahaya Iman yang sungguh luar biasa, dan mengisinya dengan berbagai amalan hati serta mengasahnya dg latihan agar Iman semakin tertanam dalam hati.

Agus Al mubarak  @ http://www.daaruttauhiid.org/